Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Mar 22, 2022

Yuk Pantau Proses Pertumbuhan Gigi Berdasarkan Usia Anak

Apakah pertumbuhan gigi anak Anda lebih lambat dari anak sebayanya? Hal ini sebenarnya normal terjadi. Perlu diingat bahwa setiap pertambahan 6 bulan usia, ada sekitar 2-4 gigi anak yang akan muncul. Selain itu, pertumbuhan gigi anak laki-laki biasanya lebih lambat daripada anak perempuan. Anda mungkin perlu memeriksakan ke dokter jika gigi anak Anda tidak menunjukkan tanda-tanda akan muncul pada usia 1 tahun.

Agar dapat membandingkan kemajuan pertumbuhan gigi anak Anda, ada baiknya Anda mengenal tahapan tumbuh kembang gigi anak.

1. Usia 0-6 bulan 

Gigi susu baru akan terlihat saat anak memasuki usia 4-6 bulan, biasanya dimulai dengan dua gigi seri di bagian bawah. Anda bisa mulai membersihkannya dengan menyeka gigi bayi menggunakan kain bersih setelah bayi menyusu.

2. Usia 6-12 bulan

Pada usia 6-8 bulan, dua gigi seri di bagian atas akan muncul. Anda sudah bisa memberi bayi Anda makanan padat. Selanjutnya, sekitar usia 10-12 bulan, tumbuh dua gigi seri depan yang mengapit gigi seri bagian atas.

3. Usia 12-16 bulan 

Setelah gigi yang mengapit gigi seri bagian atas muncul, dua gigi di samping gigi seri bawah juga akan muncul pada usia 12-14 bulan. Di bulan berikutnya, yaitu usia 14-16 bulan, biasanya tumbuh gigi geraham pertama pada bagian atas dan bawah, masing-masing sepasang.

4. Usia 16-24 bulan 

Jika Anda melihat ada jarak antara gigi seri dan geraham pada, jangan khawatir. Gusi kosong ini akan menjadi tempat gigi taring tumbuh. Pada rentang usia ini, munculnya gigi taring dimulai dari sepasang taring atas, kemudian sepasang taring bawah. Pada tahap ini, anak Anda sudah bisa mengoyak makanan.

5. Usia 2-4 tahun

Anak umumnya sudah memiliki 20 gigi susu lengkap pada usia ini, masing-masing 10 gigi pada rahang atas dan bawah. Perawatan gigi anak pada usia ini sama seperti orang dewasa. Biasakan anak rutin menggosok gigi dua kali sehari pada pagi hari setelah sarapan dan sebelum tidur, untuk meminimalkan risiko terjadinya masalah gigi di kemudian hari.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"