Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Jun 9, 2022

#TanyaRSRapha - Ep. 1: Menjaga dan Mengatasi Permasalahan Telinga

Pada era internet saat ini, media sosial memiliki peranan penting dalam menyediakan berbagai informasi. Menyambut hal ini, RS Rapha Theresia melalui konten #TanyaRSRapha yang diadakan sebulan sekali di akun Instagram @rsraphajambi, membuka ruang diskusi dan konsultasi gratis kepada masyarakat dengan berbagai topik seputar kesehatan.

Cukup dengan follow kami di Instagram @rsraphajambi dan nantikan #TanyaRSRapha setiap bulannya, masyarakat berkesempatan untuk dapat berkonsultasi gratis dengan dokter-dokter umum dan spesialis dari RS Rapha Theresia Jambi.

Adapun pada episode perdana ini #TanyaRSRapha membahas topik “Menjaga dan Mengatasi Permasalahan Telinga”. Lima pertanyaan paling menarik dijawab langsung oleh dokter spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan (THT), dr. Arsia Dilla Pramita, Sp.THT-KL:

  1. Apa dampak buruk menggunakan earphone atau headset dalam jangka waktu yang lama?
    “Menggunakan earphone atau headset dalam jangka panjang dikhawatirkan dapat mengakibatkan kerusakan saraf pendengaran yang bersifat permanen. Untuk menjaga fungsi pendengaran, volume earphone sebaiknya diatur tidak lebih dari 60% selama maksimal 60 menit. “
     
  2. Menurut dokter, apakah terapi ear candle itu benar bisa membersihkan kotoran telinga?
    “Penggunaan ear candle dikhawatirkan justru mendorong kotoran telinga masuk jauh ke dalam liang telinga. Selain itu, ada pula beberapa risiko cedera dan gangguan telinga dari terapi ini, antara lain penyumbatan telinga oleh lelehan lilin, masuknya abu ke gendang telinga, luka bakar pada telinga, serta infeksi telinga luar.”
     
  3. Apa pertolongan pertama yang harus kita lakukan bila telinga kita dimasuki serangga?
    “Langkah pertama yang bisa dilakukan di rumah adalah meneteskan minyak goreng yang belum dipakai ke dalam liang telinga. Hal ini untuk membantu membunuh serangga sebelum dibawa ke dokter THT. Selain minyak goreng yang masih baru, teman-teman juga bisa menggunakan minyak lain yang sifatnya tidak mengiritasi kulit, misalnya minyak zaitun, minyak kelapa, atau baby oil, sambil segera ke dokter THT terdekat.”
     
  4. Ketika banyak pikiran atau stres, apakah rasa nyeri bisa timbul pada telinga?
    “Keluhan telinga yang umumnya muncul pada orang yang sedang banyak pikiran adalah telinga berdenging, bukan nyeri telinga. Bunyi denging pada telinga ini disebabkan karena pengiriman sinyal dari saraf pendengaran ke otak terganggu.”
     
  5. Berapa kali sebaiknya kita kontrol kesehatan telinga ke klinik THT setiap tahun?
    “Sebaiknya, teman-teman memeriksakan kesehatan telinga ke dokter THT minimal 6 bulan sekali. Jangan menunggu telinga bermasalah untuk datang ke dokter THT karena selain diperiksa, telinga teman-teman juga akan dibersihkan bilamana perlu. Selain telinga, hidung dan tenggorokan juga akan diperiksa karena ketiganya memiliki keterkaitan anatomi yang bisa memengaruhi fungsi atau kinerja satu sama lain.”

Silakan cek juga informasi jadwal praktik dokter spesialis THT kami di sini, serta hubungi customer service kami di (0741) 3620 888 atau (0811) 7813 888 (WhatsApp) untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"