Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Sep 30, 2022

#TanyaRSRapha - Ep.3: Permasalahan Stroke dan Gangguan Gerak pada Anak dan Dewasa

Melanjutkan serial #TanyaRSRapha sebelumnya, RS Rapha Theresia Jambi kembali membuka ruang diskusi dan kesempatan konsultasi gratis kepada masyarakat Jambi dan sekitarnya.

Di episode yang ketiga, #TanyaRSRapha membahas topik seputar “Permasalahan Stroke dan Gangguan Gerak pada Anak dan Dewasa”. Berikut lima pertanyaan paling menarik yang dijawab langsung oleh Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi, dr. Patrick William Gading, Sp.KFR:

  1. Terapi apa yang bisa dilakukan bagi penderita stroke agar bisa berbicara normal kembali?
    “Bagi pasien penderita stroke yang ingin memperbaiki kemampuannya untuk berbicara, dapat diberikan berbagai macam terapi. Mulai dari Fisioterapi (Terapi Fisik), Terapi Wicara (Terapi Bicara), dan Terapi Okupasi. Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi untuk mengatahui terapi yang sesuai untuk Pasien tersebut.”
     
  2. Bagaimana cara mengatasi dan menghindari leher yang sakit ketika bangun tidur?
    “Rasa sakit di leher yang muncul ketika bangun tidur kemungkinan disebabkan oleh posisi tidur yang tidak nyaman dan kurang tepat. Untuk penanganannya dapat dilakukan secara mandiri di rumah dengan mengompres menggunakan air es ataupun air hangat. Selanjutnya Anda juga perlu melakukan peregangan pada otot-otot leher serta punggung. Namun apabila setelah itu kondisi belum juga membaik, maka Anda disarankan untuk berkonsultasi langsung dengan Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi.” 
     
  3. Terapi apa yang harus dijalani bagi penderita stroke dengan gangguan motorik pada tangan dan kaki?
    “Pasien penderita stroke yang mengalami gangguan fungsi motorik pada tangan dan kaki dapat diberikan berbagai macam terapi. Mulai dari fisioterapi dengan arus listrik yang diberikan ke tubuh pasien seperti Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation (TENS), pelatihan gerakan otot, serta pelatihan gerakan sehari-hari yang merangsang sistem otak agar kembali seperti sedia kala. Namun perlu Anda ketahui bahwa proses pemulihan setiap orang tentu akan berbeda-beda dan tergantung pada tingkat keparahan stroke yang dialami.”
     
  4. Bagaimana cara mengajarkan anak yang mengalami keterlambatan dalam berbicara?
    “Keterlambatan bicara pada anak dapat disebabkan oleh beragam hal, mulai dari kurangnya stimulasi, adanya gangguan pada sistem pendengaran, atau bisa juga disebabkan karena kondisi lidah dan pita suara yang tidak normal. Untuk mengatasi hal tersebut ada berbagai metode pengobatan yang bisa dilakukan, seperti Fisioterapi, Terapi Wicara, hingga Tindakan Operasi bila memang dibutuhkan.”
     
  5. Mitos atau Fakta: Stroke bisa disembuhkan dengan metode pijat syaraf?
    “Istilah Pijat Syaraf sendiri sebenarnya memiliki makna yang rancu, karena pada dasarnya saraf tidak mungkin untuk dipijat. Jadi jawaban sederhananya adalah stroke tidak bisa disembuhan dengan metode pijat, karena Pijat Syaraf dalam bentuk apapun tidak ada yang dapat menyembuhkan penyakit Stroke.”

Konten #TanyaRSRapha ini akan rutin diadakan sebulan sekali di akun Instagram @rsraphajambi. Untuk dapat berpartisipasi, syaratnya pun terbilang mudah. Hanya dengan follow akun @rsraphajambi di Instagram, masyarakat akan secara otomatis berkesempatan untuk dapat berkonsultasi gratis dengan dokter-dokter umum dan juga spesialis dari RS Rapha Theresia Jambi.

Silakan cek informasi jadwal praktik Dokter Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi kami di sini. Selain itu Anda juga dapat menghubungi customer service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"