Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Sep 15, 2022

Peran Penting Imunisasi Dalam Menjaga Kesehatan Anak

Imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit dengan pemberian vaksinasi. 

Menurut dr. Dian Wahyuni Sp.A, Dokter Spesialis Anak RS Rapha Theresia Jambi, Imunisasi secara luas diakui sebagai salah satu intervensi kesehatan yang paling berhasil di dunia, serta merupakan metode yang efektif untuk mencegah Penyakit Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I) seperti Tuberkolosis, Difteri, Pertusis (Batuk Rejan), Campak, Polio, Tetanus, Hepatitis-B, Gondongan, Rubella, Pneumonia, Rotavirus dan Kanker Serviks.

“Ironisnya hingga saat ini ada lebih dari 19 juta anak di seluruh dunia masih belum menerima vaksinasi atau divaksinasi secara tidak lengkap. Hal ini membuat anak-anak tersebut sangat berisiko menderita berbagai penyakit berat yang berpotensi menyebabkan cacat atau bahkan mematikan” ungkap dr. Dian

Selain itu anak yang tidak diimunisasi juga dapat menyebarkan kuman-kuman tersebut ke saudara, teman dan teman anggota keluarga lain disekitarnya sehingga berpotensi menimbulkan wabah.

 

Apakah Pemberian Imunisasi Aman Untuk Anak?

Vaksin yang digunakan dalam Imunisasi telah melalui riset yang panjang didasari kode etik yang ketat, serta menggunakan standar Good Clinical Practice dalam proses produksinya, sehingga aman dan efektif untuk diberikan pada Anak.

Dengan diimunisasi, resiko seseorang Anak terkena penyakit tersebut akan sangat berkurang, atau bila terkena maka Ia akan mengalami gejala yang lebih ringan.

“Dalam perkembangannya, bertambahnya jumlah vaksin yang dianjurkan bagi Anak dari tahun ke tahun juga mendorong organisasi kesehatan dan farmasi dunia untuk menciptakan Vaksin yang mengkombinasikan banyak Antigen dalam satu suntikan, sehingga sangat mengurangi penderitaan Anak terutama ketika disuntik” tambah dr. Dian.

 

Jenis-Jenis Imunisasi Dan Kapan Harus Diberikan Pada Anak

Adapun imunisasi dianjurkan untuk mulai diberikan dari awal kelahiran hingga Anak berusia 12 bulan, beberapa di antaranya:

1. Imunisasi DPT Combo

  • Adalah kombinasi 6 vaksin dalam 1 sediaan untuk mencegah Difteri, Pertusis, Tetanus, Polio, Hepatitis B, dan HIB (Haemophilus influenza type B)
  • Vaksin ini meminimalisir resiko demam sembari tetap memberikan efek kekebalan tubuh yang baik dengan menggunakan DPT aselular.
  • Vaksin ini diberikan dalam 3 dosis, pada usia 2, 4 dan 6 bulan, dan 1 dosis booster pada saat anak berusia 18 bulan.

2. Imunisasi PCV

  • Adalah vaksin untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Pneumokokus, seperti radang paru (Pneumonia), radang selaput otak (Meningitis) dan infeksi darah (Bakteremia), yang merupakan penyebab kematian yang tertinggi pada anak balita.
  • Vaksin ini diberikan dalam 3 dosis, pada usia 2, 4 dan 6 bulan, dan 1 dosis booster pada saat anak berusia 12 bulan.

3. Imunisasi Rotavirus

  • Adalah vaksin untuk mencegah diare berat yang disebabkan oleh 13 jenis Rotavirus, yang merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi bagi anak di Indonesia.
  • Vaksin ini tersedia dalam 2 varian yaitu Pentavalen (5 strain virus) yang membentuk lebih banyak varian antibodi terhadap virus dan Monovalen (1 strain virus)
  • Vaksin Pentavalen diberikan dalam 3 dosis, pada usia 2, 4 dan 6 bulan.

 

Efek Samping Pasca Imunisasi & Cara Mengatasinya

Setelah Imunisasi kadang akan timbul Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) pada Anak seperti: demam ringan hingga tinggi, bengkak, kemerahan, serta Anak menjadi agak rewel, namun ini adalah reaksi umum akan hilang dalam 3-4 hari, walaupun kadang-kadang ada yang berlangsung lebih lama.  

 Bila KIPI terjadi Anak boleh: 

  • Diberi obat penurun panas setiap 4 jam
  • Dikompres air hangat
  • Dikenakan pakaian tipis dan jangan diselimuti
  • Sering minum ASI atau susu.

Bila tidak ada membaik atau gejala semakin berat, segera bawa Anak ke Dokter untuk diperiksa.

Silakan cek informasi jadwal praktik dokter kami di sini, atau hubungi customer service kami di (0741) 3620 888 atau (0811) 7813 888 (WhatsApp) untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran.

Sumber: 1 | 2 | 3 | 4


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"