Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Oct 14, 2023

Benarkah Jika Melahirkan Tidak Dengan Cara Normal Belum Dianggap Sepenuhnya Menjadi Ibu?

Persalinan merupakan momen yang paling ditunggu seorang Ibu untuk menyambut kelahiran buah hatinya. Seiring dengan berkembangnya teknologi, ibu bersama dengan dokter kandungan dapat memilih proses persalinan yang paling sesuai untuk kebaikan ibu dan janinnya.

Tentunya ada banyak pertanyaan yang menghampiri pikiran Ibu ketika sampai di momen ini. Oleh karena itu, RS Rapha Theresia Jambi membuka kesempatan bagi masyarakat Jambi untuk berkonsultasi terkait #Persalinan.

Pada kesempatan kali ini, kami mendapatkan pertanyaan dari Ibu Vivi mengenai pendapat yang sering beredar di masyarakat :

“Benarkah jika melahirkan tidak dengan cara normal belum dianggap sepenuhnya menjadi Ibu?”

Dokter Spesialis Obgyn di RS Rapha Theresia Jambi, dr. Purnomo Eko Saputro menyanggahnya dan menegaskan bahwa apapun bentuk proses persalinannya, wanita yang telah melahirkan tetap akan dianggap sebagai Ibu.

"Ini pendapat yang sangat keliru ya, karena proses persalinan sendiri itu adalah suatu proses yang kompleks dan tidak bisa dipastikan akan seratus persen berjalan secara baik. Walaupun di awal sudah dijelaskan dari hasil pemeriksaan dokternya seseorang itu Ibu hamil sudah bisa dilakukan proses persalinan normal tetap nanti akan ada penilaian, saat proses persalinan" Ujar dokter Eko.

Selain itu dokter Eko juga menjelaskan, jika dalam proses persalinan terjadi masalah baik dari Ibu maupun janin, maka akan diputuskan dengan cara yang berbeda, yang awalnya proses persalinan normal menjadi proses persalinan operasi.

"Itu jika ditemukan indikasi saat proses persalinan, tapi jika Ibu misalnya dinyatakan dari hasil pemeriksaan dokter kandungan yang memeriksa Ibu tidak dapat melakukan persalinan secara normal tanpa menunggu proses persalinan, maka itu sudah dengan pertimbangan yang sangat matang" Tambah dokter Eko.

Menurut dokter Eko, indikasi operasi itu dapat datang dari kondisi Ibu maupun janinnya. Misalnya seorang Ibu didiagnosis dengan panggul sempit, maka ini dapat menjadi salah satu hal yang membuat persalinan normal tidak bisa dilakukan, karena akan membahayakan Ibu dan janin.

Demikian jawaban yang telah disampaikan oleh Dokter Obgyn kami, semoga dapat membantu Anda. Jika Anda ingin mengetahui jadwal praktek Dokter kami, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi lebih jelasnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"