Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Dec 9, 2023

Ketahui Perbedaan Kontraksi Yang Dialami Saat Akhir Kehamilan

Kontraksi merupakan kondisi saat rahim terasa kencang selama beberapa saat, lalu rileks kembali. Akan tetapi, terjadinya kontraksi bukan selalu menandakan jika Bumil akan segera melahirkan.

Pada kenyataannya, kontraksi palsu dapat terjadi untuk menandakan bahwa tubuh Bumil sedang mempersiapkan diri atau berlatih untuk menghadapi persalinan. Namun hal ini bukan menandakan persalinan sudah dekat.

RS Rapha Theresia Jambi membuka kembali kesempatan untuk bertanya tentang perbedaan kontraksi asli dan palsu melalui pertanyaan dari Ibu Musdalifah :

“Bagaimana cara membedakan kontraksi asli dan palsu?”

Menurut Dokter Spesialis Obgyn di RS Rapha Theresia Jambi, dr. Purnomo Eko Saputro, kontraksi biasanya mulai terasa saat kandungan sudah mencapai usia 7 bulan hingga periode akhir kehamilan serta muncul secara teratur hampir di setiap jam.

Selain semakin sering terjadi dan bertambah lama, kontraksi yang disertai dengan keluarnya lendir darah dari kemaluan merupakan suatu tanda dari sebuah kontraksi yang dapat memicu terjadinya persalinan pada Bumil.

“Tapi jika kontraksinya hanya muncul sesekali, misalnya hanya pagi kemudian hilang dan kemudian di malam hari ada lagi tapi tidak berlanjut, nah itu dapat dikategorikan suatu kontraksi palsu atau bukan kontraksi yang dapat menyebabkan suatu proses persalinan”, ujar Dr. Eko.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu melakukan pemeriksaan secara teratur dan berkonsultasi kepada dokter yang melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan solusinya.

Demikian jawaban yang telah disampaikan oleh Dokter Obgyn kami, semoga dapat membantu Anda. Jika Anda ingin mengetahui jadwal praktek Dokter kami, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"