Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Apr 27, 2024

Tips Jaga Kesehatan Mata Di Era Digital

Tidak dapat dipungkiri, gawai menjadi salah satu alat yang paling dibutuhkan saat ini. Dengan adanya gawai, manusia dapat saling berkomunikasi, melakukan pembelian secara online, mendapatkan hiburan dan sebagainya. 

Namun, kebiasaan tersebut dapat mempengaruhi kesehatan mata loh, Rapha Family. Terlebih ketika kamu sering menggunakan gawai dalam waktu yang lama, bermain gawai dalam penglihatan redup atau gelap dan paparan sinar gawai yang terlalu terang

Lalu apa saja sih dampak bermain gawai terlalu lama pada mata? 

Ada beberapa masalah kesehatan mata yang bisa kamu alami jika terus menerus bermain gawai dalam waktu yang lama, yaitu : 

  1. Sindrom penglihatan komputer
    Biasanya lebih berisiko terjadi pada anak-anak yang terlalu lama menatap gawai, terutama dalam cahaya yang minim.
  2. Rabun jauh
    Kondisi ini membuat pengidapnya tidak dapat memfokuskan cahaya pada retina mata, sehingga mata tidak dapat melihat benda-benda yang letaknya jauh.
  3. Mata kering
    Hal ini dipicu oleh turunnya intensitas kedipan selama menggunakan gawai, sehingga mata kering dan gatal, untuk mengatasinya kamu dapat meneteskan obat mata.
  4. Mata lelah
    Ketika asyik bermain gawai, biasanya kita akan lupa waktu. Hal ini membuat mata menjadi tegang dan lelah akibat paparan cahaya yang silau.

Selain itu, Professor Chris Lohmann di Jerman mengatakan, “pada normalnya kita mengedipkan mata setiap 10 detik, namun saat menatap layar, kita hanya berkedip setiap 30 atau 40 detik”. Berkurangnya intensitas mengedip ini dapat membuat mata lelah dan terasa gatal atau kering. 

Kira-kira bagaimana ya caranya menjaga kesehatan mata saat menggunakan gawai? 

Nah, Rapha Family bisa mengikuti tips berikut untuk menjaga kesehatan mata, di antaranya:

  1. Menjaga jarak pandang
    Pastikan kamu menjaga jarak pandang sekitar 40-50 cm dari layar agar paparan cahaya yang diterima mata dapat berkurang.
  2. Kurangi kecerahan layar
    Kamu dapat mengurangi kecerahan layar pada gawai yang sedang digunakan agar mata tidak cepat lelah akibat paparan cahaya.
  3. Melakukan aturan 20-20-20
    Aturan ini dapat bermanfaat untuk kesehatan mata, yaitu mengalihkan pandangan setelah 20 menit menatap layar sejauh 20 kaki dan dilakukan selama 20 detik.
  4. Membatasi waktu bermain gawai
    Untuk durasi penggunaan gawai dapat dibatasi maksimal 2 jam kemudian istirahat selama 10-15 menit.

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Mata di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"