Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | May 9, 2022

Karies Pada Anak dan Cara Mencegahnya Sejak Dini

Pengenalan dan perawatan kesehatan gigi sejak usia dini sangatlah penting. Banyak anak mengalami karies atau lubang pada gigi, tetapi sayangnya masih banyak yang belum tertangani.

Karies pada anak perlu ditangani sedini mungkin. Selain mengganggu kualitas makan dan kesehatan rongga mulut, karies juga dapat memengaruhi perkembangan kesehatan anak secara umum. Banyak anggapan berkembang bahwa karies pada anak tidak perlu dilakukan tindakan karena gigi mereka akan berganti dengan gigi dewasa. Padahal, gigi anak memiliki banyak fungsi. Selain pengunyahan, gigi juga berfungsi untuk pengucapan (fonetik) dan estetika. Selain itu, gigi susu juga berfungsi menjaga ruang untuk gigi dewasa penggantinya.

Hal yang paling sering terjadi dan tanpa disadari menyebabkan karies adalah penggunaan susu botol di malam hari. Umumnya, anak yang tidur dengan mengedot susu dari botol akan mengalami masalah karies, terutama pada empat gigi depan atas. Penyebab karies lainnya yang juga kerap terjadi pada anak, yakni kebiasaan mengemut makanan.

Anak perlu terus didampingi saat menyikat gigi, setidaknya hingga anak berusia 8 tahun. Hal ini terkait dengan perkembangan motorik halus anak dalam menyikat gigi. Selain itu, anak juga perlu memperhatikan apa yang dimakan—kurangi makanan manis dan lengket guna meminimalkan risiko terjadinya karies. Agar fungsi self cleansing (pembersihan mandiri) dapat bekerja maksimal dalam rongga mulut, sebaiknya anak banyak mengonsumsi makanan berserat tinggi serta buah-buahan.

Jika gigi anak Anda bermasalah, jangan tunda untuk periksakan ke dokter spesialis gigi anak. Bagi Anda yang berlokasi di Jambi dan sekitarnya, RS Rapha Theresia Jambi telah membuka poliklinik gigi anak. Anda dapat memeriksakan perkembangan maupun masalah gigi anak Anda kepada ahlinya. Selain konsultasi, poliklinik gigi anak RS Rapha Theresia Jambi juga menyediakan layanan penambalan, pencabutan, dan perawatan gigi anak.

Ingin mendaftar Klinik Gigi Anak di RS Rapha Theresia Jambi? Yuk hubungi Call Center kami di (0741) 3620 888


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"