Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Oct 21, 2023

Mengapa Kolesterol Jadi Pemicu Penyakit Jantung?

Kolesterol merupakan salah satu komponen lemak dari tubuh yang berperan dalam produksi Vitamin D, hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Namun, apabila kadarnya terlalu tinggi, dapat menimbulkan dampak negatif yang memicu penyakit pada bagian Jantung dan Pembuluh Darah.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tercatat bahwa lebih dari 17 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah yang diderita.

Untuk memberikan, RS Rapha Theresia Jambi kembali hadir membuka kesempatan untuk Anda berkonsultasi terkait masalah kesehatan jantung dan pembuluh darah. Pada kesempatan kali ini, Bapak Ramlan telah mengirimkan pertanyaannya mengenai alasan kolesterol sebagai pemicu penyakit jantung.

“Mengapa kolesterol jadi pemicu penyakit jantung?”

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah RS Rapha Theresia Jambi Paal X Jambi, dr. Riski Hanika Syafar, Sp.JP, FIHA menanggapi bagaimana kolesterol dapat memicu penyakit jantung.

“Kolesterol memang berperan dalam terbentuknya plak pada penyakit jantung koroner, di mana pada pasien-pasien atau pada individu yang memiliki kelainan atau rentan terjadi kerusakan pada dinding bagian dalam pembuluh darah jantung koronernya, terjadinya kolesterol yang tinggi atau dikenal dengan dislipidemia itu akan memicu terjadinya proses peradangan.” Ujar dokter Riski

Dokter Riski selanjutnya menjelaskan bahwa hal tersebut dapat meningkatkan pembentukan plak pada pembuluh darah koroner, nantinya menyebabkan penyempitan dan pasien akan mengalami penyakit jantung koroner.

Itulah jawaban yang telah disampaikan oleh Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah kami. Semoga hal-hal yang telah disampaikan dapat berguna bagi Anda dalam menjaga kesehatan jantung. Ingin mengetahui jadwal praktek Dokter Spesialis kami lebih jelasnya? Silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi lainnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"