Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Jul 13, 2024

Pahami Tekanan Darah Menurut Kategori Usia

Untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, penting untuk menyadari bahwa menjaga tekanan darah merupakan salah satu kunci utama. Selain itu, memahami tekanan darah dapat membantu dalam menjaga keseimbangan tubuh dan mengevaluasi efisiensi jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. 

Dengan memantau tekanan darah secara rutin, seseorang dapat mengidentifikasi perubahan yang mungkin terjadi dan segera mengambil tindakan tepat yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan jantung agar tetap dalam keadaan optimal. 

Selain itu, gaya hidup yang sehat seperti pola makan seimbang, olahraga teratur, dan mengelola stres juga berperan penting dalam menjaga kesehatan jantung yang baik dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular di masa yang akan datang.

Cara Membaca Tekanan Darah

Dalam membaca tekanan darah, ternyata masih banyak orang sering mengalami kesulitan atau belum memahami secara menyeluruh cara membaca dengan benar. Tekanan darah, biasanya diukur dalam dua angka yang dipisahkan oleh garis miring atau strip.

Sebagai contoh 120/80 mmHg, pada hasil tersebut angka 120 mengindikasikan tekanan sistolik, yaitu tekanan saat jantung berkontraksi untuk mendorong darah ke dalam arteri dan memenuhi kebutuhan tubuh akan oksigen dan nutrisi.

Sedangkan angka 80 menunjukkan tekanan darah diastolik, yaitu tekanan saat otot jantung rileks sebelum siklus kontraksi berikutnya yang menandakan tekanan dalam arteri ketika jantung mengisi ulang dengan darah setelah memompa.

Tekanan Darah Normal Berdasarkan Usia

Berikut ini adalah batas tekanan darah normal yang dibagi berdasarkan kelompok usia, yaitu :

  1. Tekanan darah normal pada anak-anak
    Meski tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh, tekanan darah normal pada usia anak-anak dapat dibedakan menjadi 2 kelompok, yaitu:
    • Anak usia prasekolah (3-5 tahun) : batas normal tekanan sistolik berkisar antara 95-110 mmHg dan tekanan diastolik berkisar antara 56-70 mmHg.
    • Anak usia sekolah (6-13 tahun) : batas normal tekanan sistolik berkisar antara 97-112 mmHg dan tekanan diastolik berkisar antara 57-71 mmHg.
  2. Tekanan darah normal pada remaja
    Rentang tekanan darah normal pada remaja usia 13-18 tahun dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor, seperti; tinggi badan, jenis kelamin dan waktu pengukuran tekanan darah. Umumnya, tekanan sistolik remaja dalam rentang 112–128 mmHg dan tekanan diastolik antara 66–80 mmHg dianggap normal.
     
  3. Tekanan darah normal pada dewasa
    Secara umum, tekanan darah normal pada orang dewasa adalah antara 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg, yang dapat bervariasi tergantung pada aktivitas fisik dan kondisi emosional. Sedangkan pada ibu hamil, perubahan hormonal dapat menyebabkan tekanan darah menjadi lebih rendah. Bahkan tekanan darah 120/80 mmHg pada ibu hamil sudah termasuk kategori harus berhati-hati terhadap risiko preeklamsia.
     
  4. Tekanan darah normal pada usia lanjut
    Tekanan darah normal pada lansia umumnya lebih tinggi, dengan batas < 150 mmHg untuk tekanan sistolik dan < 90 mmHg untuk tekanan diastolik. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang lebih kaku pada lansia, sehingga memerlukan tekanan darah yang lebih tinggi untuk menjaga aliran darah ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu, pemantauan tekanan darah secara rutin tentunya penting dilakukan untuk mencegah terjadinya hipertensi (tekanan darah tinggi) atau hipotensi (tekanan darah rendah) yang bisa tidak menunjukkan gejala, serta berpotensi menimbulkan komplikasi serius jika tidak terdeteksi.

Untuk melakukan pemeriksaan atau berkonsultasi mengenai tekanan darah dengan Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"