Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Jun 15, 2024

Peran Pendonor Darah dalam Situasi Darurat

Kegiatan donor darah memiliki peran yang penting dalam menyelamatkan nyawa seseorang. Karena darah yang didonorkan adalah kebutuhan penting bagi individu yang mengalami kecelakaan, menjalani operasi, atau menghadapi kondisi medis serius lainnya. Tanpa adanya transfusi darah yang cukup, maka hal tersebut dapat mengancam nyawa seseorang.

Selain mendukung prosedur medis seperti operasi besar dan pengobatan kanker, transfusi darah juga diperlukan dalam perawatan ibu hamil dan bayi yang baru lahir. Terlebih lagi, seseorang dengan penyakit kronis seperti anemia, thalassemia, atau leukemia yang memerlukan transfusi darah secara teratur untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kualitas hidup mereka.

Bukan hanya manfaat bagi penerima donor saja, tapi donor darah juga memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan dan kebugaran tubuh bagi yang memberikan donor loh. Hal ini dikarenakan tindakan donor darah dapat menstimulasi produksi sel darah merah yang baru semakin meningkat, sehingga membuat tubuh lebih sehat dari sebelumnya. Lalu, apa saja manfaat yang bisa kita dapatkan dari tindakan ini?

Manfaat Melakukan Donor Darah

Donor darah secara rutin  dapat membantu pasien yang membutuhkan transfusi dan memastikan ketersediaan darah dalam keadaan darurat. Selain itu, tindakan ini juga memberikan manfaat positif bagi pendonor, seperti:

  1. Jaga kesehatan jantung
    Dapat membantu melancarkan aliran darah hingga mencegah terjadinya penyumbatan arteri serta bisa membuat kadar zat besi dalam darah menjadi lebih stabil
  2. Tingkatkan produksi sel darah merah
    Proses donor darah merangsang tubuh untuk memproduksi darah baru, membantu meningkatkan kadar sel darah merah dan memperbarui stok darah dalam tubuh.
  3. Dapat deteksi penyakit
    Sebelum mendonor darah, pendonor akan menjalani pemeriksaan kesehatan yang mencakup tes darah lengkap, yang dapat membantu mendeteksi kondisi kesehatan yang mendasarinya.
  4. Membakar kalori
    Hal ini dapat terjadi karena setiap 450 mililiter darah yang telah didonorkan ternyata dapat membakar sampai 650 kalori. Oleh karena itu, kondisi tubuh harus prima dan siap untuk melakukan donor.
  5. Turunkan kolesterol
    Melakukan donor darah secara rutin dapat membantu seseorang untuk menurunkan kolesterol di dalam tubuh karena kolesterol dapat terbawa dalam darah dan menstimulasi peredaran darah dalam tubuh.

Hal Yang Perlu Dilakukan Sebelum Melakukan Donor

Sebelum mendonorkan darah, pastikan kondisi tubuhmu sehat serta menghindari makanan berlemak. Selain itu, pastikan juga untuk banyak minum air putih, cukupi asupan protein, vitamin C, dan zat besi agar tubuh tetap bugar serta hindari aktivitas fisik berat dan minuman keras setidaknya 1 hari sebelumnya.

Pada saat melakukan donor, petugas kesehatan akan mengevaluasi apakah orang tersebut layak atau tidak sebagai pendonor. Jika dinyatakan layak, maka petugas akan mulai memasukkan jarum ke pembuluh darah vena untuk mulai mengambil darah. Prosedur donor darah ini, biasanya berlangsung 5–10 menit dengan volume darah yang diambil minimal 470 mililiter.

Setelah prosedur tersebut selesai dilakukan maka, petugas akan memberikan makanan, minuman serta menyarankan kamu untuk beristirahat terlebih dahulu selama 15 menit sebelum diperbolehkan untuk pulang.

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan Dokter Umum di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"