Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Nov 4, 2023

Apakah Proses Persalinan Dengan Operasi Akan Berdampak Pada Produksi ASI?

ASI merupakan hal yang sangat penting karena mengandung zat gizi yang dibutuhkan oleh bayi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya. Maka dari itu, sebelum proses persalinan seorang Ibu harus mempersiapkan produksi ASI ketika bayi lahir. 

Namun, ada opini yang beredar di masyarakat bahwa proses persalinan dengan operasi dapat membuat ASI tidak keluar atau tidak lancar, yang ternyata belum diketahui kebenarannya.

Pada kesempatan kali ini, kami mendapatkan pertanyaan dari Ibu Amel :

"Apakah proses persalinan dengan operasi akan berdampak pada produksi ASI?" 

Dokter Spesialis Obgyn di RS Rapha Theresia Jambi, dr. Purnomo Eko Saputro menegaskan bahwa proses persalinan dengan operasi tidak berpengaruh terhadap produksi ASI. 

"Kalau untuk persalinan itu sendiri, baik pilihan mode persalinan normal ataupun operasi, tidak ada kaitannya dengan produksi ASI. Jadi produksi ASI ini sendiri, mohon maaf Ibu, itu kita harus persiapkan jauh sebelum persalinan itu terjadi" Ujar dr. Eko. 

Selama kontrol kehamilan, dokter akan memberikan saran-saran terkait kandungan terutama persoalan nutrisi. Jika nutrisi Ibu telah terpenuhi dengan baik, maka kemungkinan besar ASI yang diproduksinya akan lancar. Namun, nutrisi tersebut harus tetap dijaga dengan baik setelah proses persalinan. Jadi selama menyusui, Ibu harus membatasi asupan yang kurang baik, seperti kopi, alkohol, dan sebagainya. 

Selain dari nutrisi, ada faktor lain yang dapat menyebabkan ASI susah keluar, misalnya ukuran puting yang kecil. "Nah disini yang harus dijadikan perhatian ya, terutama misalnya Ibu tidak mengenali bahwa putingnya ukurannya, mohon maaf mungkin lebih kecil atau agak tersembunyi, nah ini juga harus dikonsultasikan di saat konsultasi kehamilan sebelum persalinan ya" Ungkap dr. Eko

Maka dapat disimpulkan bahwa kedua hal tersebut lah yang bisa mempengaruhi produksi ASI, bukan karena persalinan dengan metode operasi. Oleh karena itu, kondisi ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter yang melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan solusinya. 

Demikian jawaban yang telah disampaikan oleh Dokter Obgyn kami, semoga dapat membantu Anda. Jika Anda ingin mengetahui jadwal praktek Dokter kami, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"