Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Aug 24, 2024

Hidroterapi: Pemulihan Lebih Cepat Dengan Terapi Air

Hidroterapi adalah tindakan terapi yang menggunakan air hangat sebagai media, tujuannya adalah untuk mendapatkan efek relaksasi, mengurangi rasa nyeri dan menguatkan otot.

Terapi air ini merupakan salah satu pengobatan yang sudah dilakukan sejak zaman dulu, karena air dianggap memiliki banyak manfaat untuk meredakan berbagai masalah kesehatan baik mental maupun fisik.

Umumnya hidroterapi bisa dilakukan oleh siapa saja, namun akan lebih disarankan pada orang-orang yang mengalami masalah otot dan sendi, sering sakit kepala atau migrain, nyeri haid pada perempuan, ibu hamil yang akan menjalani proses persalinan, serta orang yang memiliki gangguan kecemasan atau stres kronis hingga lansia.

Bagaimana Cara Hidroterapi Bekerja?

Banyak orang mungkin masih bingung tentang bagaimana tindakan sederhana seperti berendam di air hangat, bisa memberikan efek yang begitu signifikan dalam memulihkan kesehatan seseorang. 

Meskipun hidroterapi tampak seperti metode yang sederhana dan mudah dilakukan, sebenarnya metode ini menggabungkan mekanisme fisik dan fisiologis yang bekerja secara bersamaan untuk memberikan manfaat kesehatan. Dengan memanfaatkan air, seperti suhu dan tekanan, hidroterapi dapat mempengaruhi tubuh dengan cara yang kompleks untuk membantu meredakan berbagai masalah kesehatan dan mendukung proses pemulihan.

Selain dapat membantu mengurangi stres dengan cara menenangkan tubuh dan pikiran, hidroterapi juga bisa meredakan ketegangan otot dengan efek relaksasi dari air hangat, serta meningkatkan sirkulasi darah melalui stimulasi dari tekanan air. Semua efek ini saling mendukung untuk mempercepat dan meningkatkan proses pemulihan tubuh secara menyeluruh.

Hidroterapi memiliki beberapa cara kerja, yang membuat seseorang bisa merasakan manfaatnya, yaitu : 

  1. Suhu air yang hangat, mendorong otot dan persendian untuk rileks sehingga jadi lebih mudah bergerak untuk berolahraga
  2. Mengapung di dalam air akan membantu tubuh menopang diri sendiri sehingga mengurangi ketegangan pada persendian dan otot
  3. Sulitnya bergerak di air dibandingkan di udara dapat membangun kekuatan otot dan jadi lebih kuat

Manfaat Hidroterapi Bagi Kesehatan

Hidroterapi memberikan berbagai manfaat yang signifikan bagi kesehatan fisik maupun mental, yang dapat dirasakan oleh para pasien. Terapi ini tidak hanya membantu dalam mengatasi masalah kesehatan tertentu, tetapi juga berperan dalam meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Manfaat yang bisa dirasakan oleh pasien meliputi:

  1. Mengurangi rasa nyeri
    Terutama bagi orang-orang yang sering mengalami pegal, nyeri atau kram pada otot dan sendi, karena dengan berendam di air hangat dapat membuat otot jadi lebih rileks dan meningkatkan aliran darah.
  2. Meningkatkan kesehatan mental
    Dapat membantu mengurangi tingkat kecemasan dan depresi pada pasien fibromyalgia, selain itu dapat menenangkan pikiran dan membuat suasana hati jadi lebih baik.
  3. Meredakan gejala radang sendi
    Seseorang yang alami radang sendi bisa melakukan hidroterapi untuk memulihkan kondisinya, karena dapat mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi sendi.
  4. Membantu proses pemulihan pasca olahraga
    Biasanya hidroterapi juga sering dilakukan oleh para atlet karena dapat meredakan nyeri otot setelah berolahraga atau latihan yang terlalu berat.
  5. Melancarkan proses persalinan
    Bumil dapat melakukan hidroterapi untuk mengatasi nyeri dan ketidaknyamanan selama kehamilan, selain itu dapat mengurangi rasa sakit dan membuat tubuh lebih rileks.

Rumah Sakit Rapha Theresia Paal X Jambi satu-satunya yang memiliki layanan Hidroterapi di Provinsi Jambi dengan fasilitas kolam air hangat dengan suhu 33°C - 35°C dan didampingi oleh terapis yang telah terlatih dan bersertifikasi. 

Selain menangani masalah kesehatan di atas, kami dapat membantu melatih keseimbangan dan pernapasan pasien, serta dapat dilakukan untuk membantu anak dengan gangguan tumbuh kembang seperti cerebral palsy dan autism.

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik atau mengetahui lebih lanjut tentang Hidroterapi di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"