Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Jun 8, 2024

Sering Alami Mimisan? Yuk Ketahui Penyebabnya

Mimisan atau epistaksis adalah perdarahan yang terjadi pada salah satu atau kedua lubang hidung yang lamanya bisa berbeda-beda. Darah mimisan dapat keluar dari pembuluh darah di bagian depan hidung (epistaksis anterior) atau bagian belakang hidung (epistaksis posterior).

Kondisi ini biasanya tidak berbahaya namun bisa menjadi gejala dari suatu penyakit, maka diperlukannya pertolongan pertama saat alami mimisan. Penyebab mimisan bisa berbeda-beda, mulai dari yang ringan dan bisa ditangani mandiri hingga berat yang memerlukan penanganan khusus oleh dokter.

Pada umumnya mimisan bisa dialami oleh siapa saja, namun lebih sering dialami oleh anak berusia 3-10 tahun, lansia, ibu hamil, penderita kelainan darah, dan orang-orang yang mengonsumsi obat pengencer darah.

Penyebab Mimisan 

Penyebab mimisan yang paling umum adalah kondisi udara yang kering dan kebiasaan mengorek hidung, sehingga memicu pecahnya pembuluh darah halus dan sebabkan perdarahan. Namun ada juga beberapa penyebab lainnya seperti: 

  1. Alergi & flu
  2. Membuang ingus terlalu kencang
  3. Cedera pada hidung
  4. Penggunaan obat pelega hidung yang berlebihan
  5. Sinusitis kronis

Lalu apa yang harus dilakukan ya saat alami mimisan? 

Pengobatan Mimisan 

Saat mengalami mimisan, ada beberapa langkah-langkah penanganan awal yang dapat kamu lakukan, yaitu : 

  1. Duduk tegak agar tekanan pada pembuluh darah berkurang sehingga perdarahan bisa berhenti
  2. Condongkan tubuh ke depan agar darah yang keluar dari hidung tidak masuk ke tenggorokan
  3. Tekan hidung dengan ibu jari dan telunjuk selama 10-15 menit dan bernapaslah melalui mulut
  4. Kompres pangkal hidung dengan air dingin untuk memperlambat perdarahan pada hidung

Setelah mimisan berhenti, usahakan untuk tidak membuang ingus, mengorek bagian dalam hidung, membungkuk, atau melakukan aktivitas berat selama 24 jam. Selain itu hindari rokok dan minuman alkohol untuk mencegah iritasi hidung dan risiko perdarahan berulang ya, Rapha Family! 

Ketika kamu mengalami mimisan secara berulang dan terjadi lebih dari 20 menit, segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan Dokter Spesialis THT di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"