Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Aug 3, 2024

Penanganan Tepat Untuk Atasi Masalah Pada Amandel

Amandel atau tonsil adalah dua struktur yang berbentuk oval dan terletak di bagian belakang tenggorokan yang berada pada sisi kiri dan kanan. Amandel juga merupakan bagian dari sistem limfatik yang memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Fungsi utama dari amandel adalah untuk bertindak sebagai garis pertahanan pertama dalam melawan infeksi. Mereka menangkap dan mengurung patogen, seperti bakteri dan virus yang masuk ke tubuh melalui mulut dan hidung. Selain itu, amandel juga membantu memproduksi sel-sel kekebalan tubuh dan antibodi untuk melawan infeksi.

Oleh karena itu, amandel memiliki peran penting dalam sistem kekebalan tubuh dengan membantu melawan infeksi melalui penyaringan dan penghancuran patogen yang masuk. Peran ini akan tetap berlangsung sepanjang hidup karena amandel akan terus membantu tubuh untuk melawan berbagai kuman dan virus.

Masalah Umum Gangguan Amandel

Meskipun berfungsi sebagai pelindung terhadap infeksi, gangguan amandel juga dapat terjadi pada siapa saja termasuk pada anak-anak usia dini. Berikut beberapa masalah umum yang dapat terjadi pada amandel, yaitu :

  1. Radang Amandel (Tonsillitis)
    Radang amandel atau tonsilitis adalah infeksi umum yang menyebabkan tenggorokan menjadi sakit, kesulitan menelan, demam, dan pembengkakan pada amandel. Oleh karena itu, konsultasi perlu dilakukan agar mendapatkan perawatan yang tepat untuk mengatasi infeksi virus.
  2. Amandel Membesar (Hipertrofi)
    Hipertrofi atau amandel yang membesar dapat menyebabkan gangguan pada pernapasan dan kesulitan saat menelan atau yang disebut sebagai hipertrofi amandel. Untuk mengatasinya tentu perlu melakukan pemeriksaan medis dan mungkin memerlukan operasi seperti tonsilektomi.
  3. Abses Amandel
    Pada kondisi infeksi amandel yang parah, pembentukan nanah di sekitar amandel atau abses amandel juga dapat terjadi. Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat, kesulitan bernapas dan kesulitan menelan. Sehingga perlu dilakukan perawatan medis dengan segera, termasuk tindakan drainase dan pemberian antibiotik oleh dokter.

Cara Menangani Permasalahan Amandel

Untuk menangani radang amandel yang ringan, langkah-langkah seperti istirahat yang cukup, banyak minum air putih dan penggunaan obat pereda nyeri dapat bantu untuk meredakan gejalanya. Tetapi, bila infeksi disebabkan oleh bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi tersebut secara tepat dan efektif.

Pada beberapa kasus yang lebih berat atau kronis di mana amandel membesar dan menyebabkan gangguan pernapasan, dokter mungkin akan merekomendasikan tindakan Operasi Tonsilektomi untuk mengatasi masalah ini secara permanen. Akan tetapi, penting untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Spesialis THT untuk memastikan apakah tindakan operasi diperlukan dan apakah itu adalah pilihan terbaik berdasarkan kondisi kesehatan.

Bila sudah diputuskan untuk melakukan Operasi Tonsilektomi, saat ini RS Rapha Theresia Jambi sedang memberikan harga khusus untuk pasien yang membutuhkan prosedur ini, sehingga memudahkan akses ke perawatan yang diperlukan dengan biaya yang lebih terjangkau.

Untuk mengetahui informasi lengkap mengenai Operasi Tonsilektomi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"