Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Sep 30, 2023

Bagaimana Mengatasi Trauma Sosial Pada Anak?

Masalah Bullying pada remaja merupakan masalah yang tidak boleh dianggap remeh dan bisa menimbulkan trauma serta berdampak buruk bagi kesehatan mentalnya.

Menurut data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia, kasus bullying yang dialami anak Indonesia sepanjang Januari hingga Agustus 2023 mencapai 87 kasus.

Melihat pentingnya pengetahuan masyarakat terkait kondisi ini, RS Rapha Theresia Jambi membuka kesempatan bagi masyarakat Jambi untuk berkonsultasi terkait #Trauma yang dialami remaja akibat perundungan atau bullying.

Pada kesempatan kali ini, kami mendapatkan pertanyaan dari Bapak Tri mengenai isu bullying yang dialami oleh anaknya:

“Anak saya pernah di-bully di sekolah saat kelas 2 SMP. Sekarang sudah pindah sekolah pun dia tetap malas untuk masuk. Apa yang sebaiknya dilakukan?”

Psikolog RS Rapha Theresia Jambi, Edward Adriyanto, M.Psi., Psikolog, memberikan tanggapannya dan menjelaskan bahwa trauma dari bullying bukanlah masalah ringan dan akan melekat di ingatan anak tersebut.

“Peluang dari masalah ini adalah trauma. Trauma itu bukan masalah yang ringan, anak-anak dengan trauma itu seringkali masalah yang sama itu akan terus berputar di dalam ingatan dia dan dia akan mengalami ketakutan.”

Terlebih Pak Edward juga menjelaskan, dengan konteksnya yang sama-sama berada di sekolah, anak akan menggeneralisasi kondisi yang lama dengan kondisi yang baru. Sama halnya jika seseorang pernah tertabrak ketika menyebrang jalan, maka ia akan khawatir ketika harus menyebrang lagi.

“Nah, anak ini juga mengalami hal yang sama. Jadi ketika di awal dia kena bullying, di lokasi yang baru ini dia juga khawatir dia terkena bullying. Bedanya dengan trauma, intensitasnya tinggi sekali jadi ini bukan hanya khawatir, tapi dia amat sangat takut.” Ujar Pak Edward.

Lalu apa yang bisa dilakukan oleh orang tua? Pak Edward menyarankan Bapak dan Ibu untuk membawanya ke psikolog, karena trauma bukan hal yang ringan serta perlu bantuan professional agar dapat pulih dan kembali berinteraksi dengan anak-anak yang lainnya di sekolah, serta menjadi pribadi lebih positif apabila ada bantuan dari ahlinya.

Demikian jawaban yang telah disampaikan oleh Psikolog kami, semoga dapat membantu Anda dalam menghadapi masalah ini. Jika Anda ingin mengetahui jadwal praktek Psikolog kami, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"