Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Aug 21, 2023

#TanyaRSRapha - Ep.10: Penggunaan Sealant Gigi Pada Anak

Pada era sosial media saat ini, banyak ruang diskusi yang dibuka untuk saling bertukar informasi dan ilmu yang dimiliki. Hal tersebut juga dimanfaatkan oleh RS Rapha Theresia Jambi dengan mengadakan serial khusus #TanyaRSRapha sebagai wadah untuk berkonsultasi seputar kesehatan bagi masyarakat Jambi di akun sosial media @rsraphajambi.

Serial ini sudah memasuki episode kesepuluh dengan pembahasan seputar “Penggunaan Sealant Gigi Pada Anak”. Berikut lima pertanyaan yang terpilih dan langsung dijawab oleh Dokter Spesialis Gigi Anak, drg. Kailina Delian, Sp.KGA:

  1. Apakah Sealant gigi bisa menimbulkan rasa sakit di gigi dan gusi?
    “Setelah melakukan fissure sealant tidak akan menimbulkan rasa sakit pada gigi dan gusi anak Anda.”
     
  2. Bagaimana perawatan gigi anak yang sudah menggunakan sealant?
    “Perawatan gigi anak yang sudah dilakukan fissure sealant sama seperti pada gigi sehat, yaitu dengan rutin menyikat gigi 2 kali sehari selama 2 menit pada pagi dan malam hari sebelum anak tidur.”
     
  3. Kondisi gigi seperti apa yang disarankan untuk menggunakan sealant gigi?
    “Kondisi gigi yang disarankan untuk dilakukan fissure sealant yaitu gigi yang mempunyai pit dan fissure (parit gigi) yang dalam dan berpotensi untuk berlubang.”
     
  4. Apa manfaat dari sealant gigi pada anak?
    Fissure sealant bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang, karena makanan diharapkan tidak lagi tersangkut di pit dan fissure gigi.”
     
  5. Jika gigi anak menggunakan behel apakah masih bisa diberi sealant?
    “Anak yang sedang melakukan perawatan behel tetap dapat melakukan perawatan fissure sealant.”

Bagi Anda yang memiliki pertanyaan lain seputar permasalahan gigi anak, silahkan langsung konsultasikan di RS Rapha Theresia Jambi dengan terlebih dahulu mendaftar melalui Call Center kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888.

Silahkan cek juga informasi jadwal praktik Dokter Spesialis Gigi Anak kami di sini.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"