Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Dec 5, 2022

#TanyaRSRapha - Ep.4: Seputar Pemeriksaan Kesehatan dan Medical Check Up

RS Rapha Theresia Jambi kembali membuka ruang diskusi dan kesempatan konsultasi gratis kepada masyarakat Jambi dan sekitarnya melalui serial #TanyaRSRapha. 

Pada episode yang keempat, #TanyaRSRapha akan membahas topik seputar “Pemeriksaan Kesehatan dan Medical Check Up”. Berikut lima pertanyaan paling menarik yang sudah dipilih dan dijawab langsung oleh Dokter Umum kami dr. Marlan Pardamean:

  1. Apa saja manfaat dari melakukan Medical Check Up secara rutin?
    “Dengan melakukan Medical Check Up, Anda dapat mengetahui profil kesehatan Anda secara menyeluruh. Karena selain dapat mendeteksi penyakit yang telah terjadi, Medical Check Up juga dapat mendeteksi kemungkinan penyakit yang akan terjadi dikemudian hari. Sehingga dapat dilakukan tindakan pencegahan dan penanganan segera bila dibutuhkan. Jadi perlu diingat ya, lebih baik mencegah daripada mengobati.”
     
  2. Apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan Medical Check Up?
    “Sebelum melakukan Medical Check Up, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Mulai dari persiapan umum seperti istirahat yang cukup serta menghindari aktivitas berlebih, hingga persiapan khusus seperti puasa 8 jam untuk pemeriksaan laboratorium tertentu. Selain itu, bila saat ini Anda sedang mengonsumsi obat secara rutin, maka sebaiknya Anda perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan Dokter.”
     
  3. Apa saja Pemeriksaan Kesehatan yang perlu dilakukan secara rutin?
    “Konsultasi dan pemeriksaan dokter, serta pemeriksaan laboratorium dapat rutin Anda lakukan. Namun hal tersebut tergantung dari riwayat penyakit yang Anda miliki. Karena dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, dapat menjadi bahan evaluasi dari penyakit dan pengobatan yang sedang Anda jalani.”
     
  4. Apakah cairan keputihan yang bercampur dengan urine dapat mempengaruhi hasil dari pemeriksaan Medical Check Up?
    “Cairan keputihan yang bercampur dalam urine bisa saja mempengaruhi hasil urinalisis dalam Medical Check Up. Namun perlu dipahami bahwa cairan keputihan ini bisa saja berarti normal. Oleh karena itu, untuk dapat mengetahui secara lebih jelas perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan dari dokter.”
     
  5. Berapa kali Medical Check Up sebaiknya dilakukan dalam setahun dan berapa biaya yang perlu dikeluarkan?
    “Anda disarankan untuk melakukan Medical Check Up sekurang-kurangnya satu kali dalam kurun waktu satu tahun. Namun hal tersebut tergantung dari kondisi riwayat penyakit masing-masing individu. Untuk harga pemeriksaan Medical Check Up di RS Rapha Theresia Jambi cukup bervariasi tergantung dari paket yang Anda pilih.”

Silakan cek informasi terkait ragam Paket Medical Check Up kami dengan menghubungi customer service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran.

Konten #TanyaRSRapha ini rutin diadakan sebulan sekali di akun Instagram @rsraphajambi. Untuk dapat berpartisipasi, syaratnya pun terbilang mudah. Hanya dengan follow akun @rsraphajambi di Instagram, masyarakat akan secara otomatis berkesempatan untuk dapat berkonsultasi gratis dengan dokter-dokter umum dan juga spesialis dari RS Rapha Theresia Jambi.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"