Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Mar 23, 2024

Deteksi Gingivitis Sejak Dini Dan Cara Pencegahannya

Memelihara kesehatan gigi dan mulut merupakan hal yang sangat penting agar dapat menjalani aktivitas dengan baik. Namun, tidak semua orang sadar untuk menjaganya dan dapat memicu peradangan pada bagian tersebut.

Salah satunya adalah Gingivitis, yaitu kondisi dimana gusi mengalami pembengkakan dan kemerahan di sekitar pangkal gigi, diakibatkan adanya penumpukan sisa makanan yang mengeras dan berubah menjadi plak.

Kebanyakan, pengidapnya tidak menyadari adanya peradangan pada area gigi dan gusi. Namun, beberapa gejala berikut ini juga dapat dirasakan, seperti:

  1. Gusi bengkak & sakit
  2. Warna gusi kemerahan
  3. Mudah mengalami pendarahan
  4. Bau nafas tidak sedap
  5. Timbulnya nanah di antara gigi & gusi
  6. Gusi mengalami penyusutan

Peradangan tersebut pada umumnya disebabkan oleh kebersihan mulut yang tidak dijaga dan menimbulkan penumpukan plak pada gigi. Jika dibiarkan terlalu lama, akan menimbulkan karang gigi yang dapat menimbulkan peradangan dan kerusakan pada gigi

Selain itu, ada beberapa faktor dibawah ini yang juga dapat meningkatkan risiko terserang Gingivitis, seperti:

  1. Riwayat genetik dari anggota keluarga yang pernah mengidapnya
  2. Mulut kering dan mengalami kekurangan vitamin C
  3. Adanya tambalan gigi yang lepas dan rusak
  4. Merokok dan mengalami kondisi medis tertentu

Untuk menghindari risiko terjadinya komplikasi, perlu dilakukan pengobatan pada gigi seperti melakukan scaling atau pembersihan karang gigi, penambalan, maupun operasi mengganti bagian yang rusak. 

Perawatan rutin juga diperlukan agar dapat membantu pemulihannya, seperti menyikat gigi setidaknya 2 kali dalam sehari setelah makan dan sebelum tidur. Sikat gigi juga perlu setidaknya 4 bulan sekali untuk diganti dengan yang baru.

Jika Anda mengalami gejala dari Gingivitis, segeralah untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi dengan menghubungi Dokter Gigi agar dapat memberikan penanganan secara cepat dan tepat 

Anda dapat berkonsultasi dengan Dokter Gigi kami di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk melakukan pendaftaran dan mendapatkan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"