Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Apr 6, 2024

Cegah Obesitas Pada Anak Untuk Optimalkan Kesehatan

Obesitas pada anak adalah penumpukan lemak ekstra di tubuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, hingga stroke. Berdasarkan data Riskesdas oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, prevalensi overweight dan obesitas pada anak usia 5-12 tahun meningkat menjadi 18.8%. 

Seorang anak dapat dinyatakan obesitas jika berat badannya melebihi yang seharusnya. Namun sayangnya, masih banyak masyarakat yang menganggap bahwa anak-anak yang gemuk menandakan sehat, maka dari itu perlu diperhatikan berat badan anak yang ideal sesuai dengan usianya. 

Usia           Anak Perempuan    Anak Laki-Laki
1 Tahun7 - 11,5 kg7,7 - 12 kg
2 Tahun9 - 14,8 kg9,7 - 15,3 kg
3 Tahun10,8 - 18,1 kg11,3 -18,3 kg
4 Tahun12,3 - 21,5 kg12,7 - 21,2 kg
5 Tahun13,7 - 24,9 kg14,1 - 24,2 kg

Masalah obesitas ini tentunya tidak bisa dianggap sepele, terlebih jika pola makan anak sudah terbentuk karena akan lebih sulit untuk mengatasinya. Lantas bagaimana ya cara mencegah Obesitas pada anak? 

Ada beberapa pola hidup sehat yang dapat dilakukan untuk mencegah obesitas sejak dini, yaitu: 

  1. Kenalkan anak pada berbagai jenis makanan bergizi 
    Bunda dapat mengenalkan anak dengan berbagai jenis makanan bergizi secara konsisten sejak MPASI. Selain itu, selalu berikan buah dan sayur dalam menu makan serta manfaatnya agar anak dapat memahami bahwa yang dikonsumsinya adalah makanan sehat.
  2. Pastikan anak makan dengan teratur
    Ajarkan anak untuk memiliki pola makan yang baik, yaitu makanan utama sebanyak 3 kali dan camilan sehat 2 kali. Orang tua juga dapat melakukan hal yang sama sebagai contoh agar anak dapat mengikuti kebiasaan baik tersebut.
  3. Batasi makanan dan minuman manis
    Anak-anak tentunya menyukai makanan manis, namun jika dikonsumsi berlebihan dapat menjadi salah satu pemicu utama obesitas. Maka dari itu batasi konsumsi makanan manis, misalnya di setiap weekend.
  4. Rutin mengajak anak berolahraga
    Olahraga juga merupakan kebiasaan baik yang perlu ditanamkan sejak kecil. Bunda bisa mengajak anak untuk melakukan aktivitas fisik di luar ruangan seperti bermain sepeda, berenang atau bermain di taman.
  5. Anak memiliki waktu dan kualitas tidur yang cukup
    Seorang anak harus memiliki waktu tidur yang cukup sekitar 8-14 jam sesuai dengan usianya, karena dengan tidur yang cukup dapat mendukung proses tumbuh dan kembang anak.

Kelebihan berat badan dan obesitas pada anak perlu diatasi dengan segera, karena jika dibiarkan dapat berlanjut menjadi obesitas dewasa. Maka dari itu, penting untuk berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Gizi terkait cara menjaga berat badan ideal dan memperhatikan jumlah gizi yang seharusnya dikonsumsi.

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Gizi di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"