Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Sep 18, 2023

#TanyaRSRapha - Ep.12: Aktivitas Yang Memicu Perubahan Tekanan Darah

Menurut data puskesmas tahun 2020, penyakit hipertensi menjadi penyakit yang paling banyak diderita masyarakat Jambi dengan persentase sebesar 23,63%. Oleh karena itu, RS Rapha Theresia Jambi kembali menyediakan wadah diskusi dan konsultasi gratis bagi masyarakat Jambi di akun media sosial @rsraphajambi.

Pada episodenya yang ke-12 ini, #TanyaRSRapha mengangkat topik seputar “Aktivitas Yang Memicu Perubahan Tekanan Darah”. Berikut 5 pertanyaan terpilih yang dijawab langsung oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Julian Pratama, Sp.PD:

  1. Saat hamil 8 bulan saya selalu tidur dengan posisi miring ke kiri, apakah bisa menyebabkan darah tinggi?
    “Tidur dengan posisi miring ke kiri direkomendasikan selama kehamilan, karena dapat membantu meningkatkan aliran darah ke plasenta. Sehingga janin memperoleh aliran darah dengan optimal dan membantu mencegah tekanan pembuluh darah pada tubuh Ibu.”
     
  2. Apakah stroke disebabkan oleh hipertensi atau ada faktor lain yang mempengaruhi?
    “Hipertensi dapat menyebabkan stroke karena dapat merusak dinding arteri dan memperburuk kondisi pembuluh darah. Selain itu faktor lain yang menyebabkan stroke antara lain stres, merokok, konsumsi alkohol, umur, ras, dan genetik.”
     
  3. Apa penyebab tekanan darah sering naik turun?
    “Pada umumnya tekanan darah memang cenderung berubah setiap harinya. Namun ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tekanan darah, seperti aktivitas fisik yang intens, konsumsi kafein, alkohol, obat-obatan dan kondisi kesehatan.”
     
  4. Saat mengalami darah tinggi, bagaimana posisi tidur yang baik dan apa saja yang harus dikonsumsi untuk menekan darah tinggi?
    “Pilih tidur dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari tubuh. Jika tekanan darah tinggi kambuh, maka posisi tidur yang terbaik adalah posisi miring ke kiri. Lalu untuk menekan darah tinggi, Anda bisa mengonsumsi buah, sayur, ikan, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.”
     
  5. Apa saja aktivitas yang memicu perubahan tekanan darah?
    “Aktivitas fisik yang intens atau olahraga dapat memicu perubahan tekanan darah. Selain itu ketika dehidrasi, emosi, stres, mengonsumsi kafein, rokok, alkohol, dan obat-obatan juga dapat mempengaruhi perubahan tekanan darah.”

Bagi Anda yang memiliki pertanyaan lain seputar tekanan darah dan penyakit dalam lainnya, dapat berkonsultasi langsung ke dokter spesialis di RS Rapha Theresia Jambi dengan mendaftar terlebih dahulu melalui Call Center kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888.

Silahkan cek juga informasi jadwal praktik Dokter Spesialis Penyakit Dalam kami di sini.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"