Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Aug 31, 2024

Peran Aktivitas Seksual Menjelang Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Mungkin masih banyak dari Bumil yang bertanya-tanya dan merasa khawatir, apakah aman melakukan hubungan intim saat memasuki trimester 3 kehamilan?

Ternyata melakukan hubungan intim pada trimester 3 atau mendekati hari persalinan itu justru bisa memberikan manfaat yang baik, karena dapat menjadi induksi alami sehingga memudahkan proses menuju persalinan, namun penting diingat bahwa hal ini hanya berlaku jika kehamilan berlangsung dengan sehat dan tidak ada masalah yang dialami.

Selain itu pada trimester kedua sampai ketiga kehamilan, rasa tidak nyaman yang dialami pada trimester pertama akan menghilang secara perlahan. Dengan berkurangnya mual dan kelelahan, Bumil juga akan merasakan kembali kekuatan dan vitalitasnya sehingga dapat lebih menikmati saat melakukan hubungan intim.

Benarkah Berhubungan Intim Dapat Melancarkan Persalinan? 

Hal ini dapat berbeda-beda, tergantung pada kondisi Bumil masing-masing. Jika leher rahim dan rahim Bumil sudah siap untuk persalinan, berhubungan intim pada usia 40 minggu bisa membantu melancarkan persalinan, namun jika belum siap maka berhubungan intim kurang bisa efektif membantu.

Walaupun begitu jika waktu persalinan sudah dekat dan Bumil belum merasakan kontraksi, berhubungan intim dapat memberikan manfaat bagi biologis dan psikologis Bumil loh, seperti:

  • Manfaat Biologis:
    1. Merangsang rahim saat Bumil alami orgasme
    2. Memicu pelepasan oksitosin yang berperan dalam pengaturan kontraksi
    3. Kandungan prostaglandin dari sperma dapat mematangkan serviks
  • Manfaat Psikologis:
    1. Membuat Bumil merasa lebih rileks selama kehamilan
    2. Meningkatkan kualitas tidur terutama di malam hari
    3. Meredakan ketidaknyamanan saat hamil

Perbedaan Berhubungan Intim Pada Trimester 3 

Berhubungan intim pada trimester ini akan membuat Bumil mengalami beberapa perbedaan yang mungkin tidak dirasakan pada tahap kehamilan sebelumnya, misalnya: 

  1. Muncul rasa tidak nyaman karena perut yang membesar serta payudara yang lebih sensitif
  2. Adanya bercak bila serviks sudah mulai matang
  3. Timbulnya keputihan yang banyak sehingga membuat vagina jadi lebih licin

Berhubungan intim menjelang Hari Perkiraan Lahir (HPL) memang bisa menjadi cara yang alami dan bermanfaat untuk mempersiapkan tubuh dan pikiran Bumil. Selain membantu memulai persalinan melalui induksi alami, aktivitas ini juga dapat memperkuat ikatan emosional dengan pasangan, mengurangi stres, dan meningkatkan keharmonisan antar pasangan.

Namun, sangat penting bagi Bumil untuk tetap berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan bahwa berhubungan intim dapat dilakukan dengan aman dan tidak menimbulkan risiko bagi kesehatan ibu maupun bayi, sehingga Bumil dapat merasa lebih tenang saat berhubungan intim.

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Obgyn di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"