Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Jun 12, 2023

#TanyaRSRapha - Ep.5: Permasalahan Gigi Pada Anak dan Remaja

RS Rapha Theresia Jambi kembali membuka ruang diskusi dan kesempatan konsultasi gratis kepada masyarakat Jambi dan sekitarnya melalui serial #TanyaRSRapha. 

Pada episode yang kelima, #TanyaRSRapha membahas topik seputar “Permasalahan Gigi Pada Anak dan Remaja”. Berikut lima pertanyaan paling menarik yang sudah dipilih dan dijawab langsung oleh Dokter Spesialis Gigi Anak kami drg. Kailina Delian, Sp. KGA:

  1. Baiknya pada usia berapa anak mulai diajarkan menggosok gigi?
    “Anak dapat mulai diajarkan untuk menyikat gigi sebelum gigi pertamanya tumbuh. Selain bertujuan untuk membersihkan sisa ASI, fungsinya juga untuk memperkenalkan sensasi menyikat gigi sejak dini.”
     
  2. Kapan anak dapat menggunakan pasta gigi dan apakah aman bila menggunakan pasta gigi dewasa?
    “Anak dapat langsung menggunakan pasta gigi yang mengandung flouride sejak gigi pertamanya tumbuh. Dengan takaran sebesar biji beras untuk anak usia 0 – 3 tahun, dan sebesar biji kacang polong untuk anak usia lebih dari 3 tahun.”
     
  3. Apakah penyebab gigi gigis pada anak dan bagaimana cara mencegahnya?
    “Ada 3 hal utama yang dapat menyebabkan gigi gigis pada anak. Yang pertama yaitu pola makan yang salah, yang kedua cara dan waktu menyikat gigi yang tidak tepat, dan yang ketiga yaitu kebiasaan menggunakan susu botol sebagai pengantar tidur. Cara mencegahnya yaitu pertama dengan mengurangi makanan manis dan bersifat lengket. Yang kedua dengan menyikat gigi pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur selama 2 menit dengan pasta gigi berflouride. Yang ketiga yaitu menghilangkan kebiasaan menggunakan susu dot sebagai pengantar tidur.”
     
  4. Apakah benar pasta gigi rasa buah kurang efektif dalam menjaga kesehatan gigi anak?
    “Pasta gigi yang mengandung rasa buah tidak ada hubungannya dengan efektivitas dalam menjaga kebersihan gigi anak.”
     
  5. Apakah dampak buruk dari kebiasaan minum susu formula sebelum tidur bagi gigi anak?
    “Dampak dari susu formula sesaat sebelum tidur yaitu dapat mempercepat terjadinya proses karies, karena pada malam hari produksi air liur menurun sehingga sisa susu tetap menempel pada gigi. Lalu bakteri akan mengubah gula menjadi asam dan akan melarutkan mineral dalam gigi.”

Anda memiliki pertanyaan lain seputar permasalahan gigi anak? Yuk konsultasikan langsung di RS Rapha Theresia Jambi dengan mendaftar melalui Call Center kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888

Silahkan cek juga informasi jadwal praktik Dokter Spesialis Gigi Anak kami di sini.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"