Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | May 24, 2022

Hidroterapi, Terapi Air untuk Bantu Pemulihan Fisiologis Pasien

Layanan Hidroterapi atau yang juga dikenal sebagai aquatic therapy ini, dapat membantu pemulihan fisiologis sehingga tubuh dapat bekerja sebagaimana mestinya. 

Di RS Rapha Theresia, kami menyediakan layanan hidroterapi yang pertama dan satu-satunya di provinsi Jambi.

Pertimbangan Kondisi untuk Hidroterapi

Terapi ini dapat direkomendasikan bagi pasien yang mengalami peradangan sendi, seperti artritis, gangguan postur, nyeri bahu dan punggung, serta cedera otot dan ligamen. Pasien dengan beberapa kondisi lain seperti gangguan tidur, kelainan tulang belakang (skoliosis), asma, anak berkebutuhan khusus, hiperaktif, autisme (ASD), keterlambatan berbicara (speech delay), down syndrome, gangguan kesehatan di usia senja, pemulihan sendi pascaoperasi, serta lemah otot akibat stroke, polio, dan cerebral palsy juga akan mendapatkan manfaat dari hidroterapi.

Sebaliknya, hidroterapi tidak disarankan bagi pasien yang memiliki penyakit jantung dan angina, penyakit ginjal, tekanan darah tinggi atau rendah, epilepsi, diabetes, luka atau infeksi kulit, kanker, alergi klorin, dan lain-lain. Karena itu, pasien perlu berkonsultasi terlebih dahulu dengan fisioterapis untuk menentukan apakah pasien dapat melakukan hidroterapi atau apakah hidroterapi merupakan penanganan yang tepat bagi kondisi pasien.

 

Efektivitas Terapi dengan Media Air

Air dapat menopang berat tubuh dan menjaganya dalam keseimbangan karena dua gaya yang berlawanan, yaitu gaya apung dan gravitasi. Dengan demikian, air dapat membantu menguatkan otot yang lemah dan meningkatkan rentang gerak sendi. Dukungan ekstra yang diberikan air tersebut membuat pasien merasa seperti mampu melakukan olahraga lebih banyak dari biasanya. Karena itulah pasien harus berhati-hati untuk tidak melakukan gerakan secara berlebihan.

Penggunaan air hangat pada hidroterapi, sekitar 33°-36° C, memberikan efek relaks pada otot dan pembuluh darah serta merangsang produksi hormon endorfin sehingga pasien merasa nyaman dan nyeri berkurang. Selain itu, air hangat juga melebarkan pembuluh darah sehingga sirkulasi darah lebih lancar dan jaringan tubuh dapat memperoleh oksigen serta nutrisi yang cukup. Hal ini dapat membantu meredakan proses peradangan yang sedang dialami pasien.

Setelah melakukan gerakan-gerakan di air, otot yang kaku akibat cedera atau pascaoperasi dapat dilenturkan kembali. Untuk memperoleh hasil yang signifikan, pasien disarankan melakukan terapi dua kali seminggu selama 6-8 minggu, setiap terapi berdurasi 30 menit.

Meski tidak semua keluhan otot dan sendi dapat disembuhkan dengan hidroterapi, terapi ini hadir untuk menyempurnakan proses rehabilitasi. Latihan dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan pasien. Pasien dapat memulainya secara perlahan dan bertahap untuk membangun kekuatan serta fleksibilitas.

Bagi Anda yang membutuhkan bantuan terkait rehabilitasi medik, serta berdomisili di Jambi dan sekitarnya dapat langsung datang mengunjungi RS Rapha Theresia Jambi.

Untuk reservasi dan informasi jadwal praktik dokter spesialis rehabilitasi medik dapat menghubungi Call Center kami di nomor (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di nomor (0811) 7813 888.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"