Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Dec 16, 2023

Berapa Kali Operasi Persalinan Yang Aman Dilakukan?

Persalinan atau kelahiran pastinya merupakan momen berkesan dan tak terlupakan bagi setiap anggota keluarga.   

Namun, tidak setiap Ibu dapat melahirkan secara normal dikarenakan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mental. Sehingga, diperlukan tindakan operasi.

Pada kesempatan kali ini, RS Rapha Theresia Paal X Jambi kembali memberikan kesempatan bagi warga Jambi untuk memberikan pertanyaan terkait hal tersebut. Kami telah memilih pertanyaan yang telah diajukan oleh Ibu Intan terkait operasi persalinan.

“Persalinan dengan operasi aman dilakukan berapa kali ya dok?”

Dokter Spesialis Obgyn kami yaitu dr. Purnomo Eko Saputro, Sp.OG, akan memberikan jawaban terkait pertanyaan tersebut. 

“Berapa kali sih dok boleh operasi? Nah ini pertanyaan yang masih banyak perdebatan ya Ibu-Ibu ya, jadi untuk batasan berapa kali jumlah operasi boleh dilakukan pada persalinan, ini masih belum ada keputusan atau ketetapan yang baku.” ujar dokter Eko.

Dokter Eko menuturkan bahwa keputusan untuk dilakukannya tindakan operasi diambil dari hasil konsultasi berupa riwayat kehamilan, proses persalinan, dan apakah ada hambatan dalam prosesnya. Dokter Eko menjelaskan “Jika ditemukan banyak kesulitan, banyak masalah yang mungkin nanti akan menjadikan komplikasi di kemudian hari jika Ibu-Ibu kembali hamil.”

Demikian jawaban yang telah disampaikan oleh Dokter Spesialis Obgyn kami. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi para Ibu dalam memperhatikan kondisi kehamilannya. Apabila ingin mengetahui informasi terkait jadwal praktek Dokter Spesialis kami lebih lengkapnya, hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi lainnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"