Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Dec 23, 2023

Apakah Penyakit Jantung Bisa Disembuhkan?

Jantung merupakan salah satu organ vital yang berperan penting dalam tubuh seseorang yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Gangguan kesehatan jantung pada seseorang tentunya akan mengganggu fungsi kerjanya pada tubuh. Selain itu, penyakit jantung menjadi salah satu penyebab kematian yang paling umum karena tidak hanya menyerang organ jantung saja, tapi juga pembuluh darah dan otot disekitarnya.

Pada kesempatan kali ini, kami mendapatkan pertanyaan dari Bapak Rizal : 

“Apakah penyakit jantung bisa sembuh?”

Menurut Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di RS Rapha Theresia Jambi, dr. Riski Hanika Syafar, penyakit jantung dapat dibedakan menjadi beberapa kondisi tergantung dari pasiennya.

“Ada penyakit jantung bawaan, ada penyakit jantung koroner, ada penyakit jantung katup, ada penyakit jantung yang diakibatkan gangguan irama jantung, ada juga gangguan pada pompa jantung”, ucap dokter Riski.

Saat berkonsultasi, dokter tentunya akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada pasien mengenai kondisi penyakit jantung yang dialaminya. Dikarenakan ada beberapa kondisi yang memang tidak dapat disembuhkan. “Kalau seandainya pasiennya sudah jatuh kepada penyakit jantung dimana terjadi gangguan pompa jantung, itu memang biasanya tidak akan sembuh tapi bisa terkontrol dengan obat-obatan dan juga modifikasi gaya hidup.”

Namun, ada juga kondisi penyakit jantung yang dapat disembuhkan. Contohnya pada pasien dengan penyakit jantung bawaan, jika Ia menjalani terapi atau melakukan tindakan operasi maka penyakitnya itu dapat disembuhkan.

Demikian jawaban yang telah disampaikan oleh Dokter Jantung & Pembuluh Darah kami, semoga dapat membantu. Jika Anda ingin mengetahui jadwal praktek Dokter kami, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"