Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Jul 5, 2024

Prosedur Khitan Berkualitas di RS Rapha Theresia Jambi

Khitan atau sunat adalah prosedur bedah umum yang dilakukan pada laki-laki dalam berbagai budaya dan kepercayaan di seluruh dunia. Selain merupakan bagian dari tradisi keagamaan dan budaya, khitan juga dianggap memiliki manfaat kesehatan tertentu bagi tubuh.

Prosedur ini merupakan tindakan pengangkatan sebagian atau seluruh kulup, yang disebut preputium, yakni lipatan kulit yang menutupi ujung alat kelamin laki-laki. Tujuan dari prosedur khitan tentunya bervariasi tergantung pada budaya dan kepercayaan masyarakat, termasuk untuk kebersihan dan pengurangan risiko penyakit.

Prosedur Khitan Pada Anak

Prosedur khitan pada anak tentunya akan dilakukan dengan menggunakan anestesi lokal untuk mengurangi rasa tidak nyaman ketika tindakan sedang berlangsung. Selain itu, dokter atau tim medis akan membersihkan area genital dengan antiseptik, lalu memotong dan mengangkat bagian kulup yang menutupi ujung alat kelamin, yang disebut preputium.

Setelah prosedur selesai, biasanya dokter akan memberikan perawatan pasca-operasi yang meliputi pemantauan kondisi luka, memberikan instruksi tentang perawatan rutin, seperti perawatan bersih dan penggunaan obat antiseptik, serta memberikan informasi mengenai tanda-tanda komplikasi yang perlu diwaspadai untuk memastikan pemulihan yang optimal.

Manfaat Khitan Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa manfaat dari prosedur khitan yang baik untuk kesehatan tubuh, yaitu :

  1. Pengurangan Risiko Infeksi
    Meski lebih umum dialami oleh wanita, infeksi saluran kemih juga dapat terjadi pada laki-laki. Oleh karena itu, penghilangan preputium (kulup) pada anak laki-laki tentunya dapat mengurangi terjadinya infeksi parah yang dapat meningkatkan risiko gangguan ginjal di masa mendatang.
  2. Pengurangan Risiko Penyakit Menular Seksual
    Pria yang tidak melakukan prosedur khitan biasanya lebih berisiko tinggi terkena penyakit menular seksual seperti HIV (Human Immunodeficiency Viruses) dan HPV (Human papillomavirus) yang dapat menyebabkan terjadinya kanker pada kelamin. Oleh sebab itu, dari segi medis laki-laki disarankan untuk melakukan prosedur khitan untuk menghindarinya.
  3. Menjaga Kebersihan Kelamin
    Pada area alat kelamin laki-laki biasanya terdapat kotoran yang sering menempel dan mengandung lendir, sel kulit mati hingga bakteri yang disebut dengan smegma. Dengan melakukan prosedur khitan ini diharapkan dapat membuat alat kelamin jadi lebih mudah untuk dibersihkan serta mengurangi risiko masalah kesehatan lainnya.
  4. Cegah Gangguan Pada Kulup
    Prosedur khitan atau sunat nyatanya dapat mengurangi masalah pada kulup, seperti fimosis (kulup tidak dapat ditarik ke belakang) atau parafimosis (kulup tertarik tetapi tidak dapat kembali) yang dapat menyebabkan terjadinya masalah peradangan pada kulup atau ujung alat kelamin.

Sebelum menjalani prosedur khitan, penting untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang bersangkutan dan memastikan bahwa anak mendapatkan layanan khitan berkualitas. RS Rapha Theresia Jambi saat ini sedang mengadakan Promo Khitan yang berlangsung mulai tanggal 5 Juli hingga 5 Agustus 2024.

Jika ingin berkonsultasi dan menanyakan lebih lanjut mengenai prosedur khitan di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"