Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Jul 10, 2023

#TanyaRSRapha - Ep.7: Kanker Serviks Pada Wanita Remaja Dan Dewasa

Halo Rapha Family! RS Rapha Theresia Jambi kembali membuka ruang diskusi dan konsultasi gratis bagi masyarakat Jambi dan sekitarnya melalui serial #TanyaRSRapha

Pada episode yang ketujuh, #TanyaRSRapha membahas seputar “Kanker Serviks Pada Wanita Remaja Dan Dewasa”. Terdapat lima pertanyaan yang telah kami pilih dan dijawab langsung oleh Dokter Spesialis Kandungan & Kebidanan, dr. Purnomo Eko Saputro, Sp.OG:

  1. Apakah kanker serviks berpengaruh terhadap kehamilan dan apakah penyakit tersebut bisa menurun?
    “Kanker serviks dapat terjadi atau ditemukan saat masa kehamilan. Apabila hal tersebut terjadi, maka penanganannya akan disesuaikan dengan derajat penyakit serta usia kehamilannya. Adapun untuk penyakit kanker serviks ini tidak dapat diturunkan secara genetik.”
     
  2. Apakah kanker serviks dan kanker rahim sama? Dan apakah penyakit tersebut bisa menyebabkan kemandulan?
    “Kanker serviks dan kanker rahim adalah penyakit yang berbeda. Kanker serviks merupakan keganasan yang terjadi di mulut atau leher rahim. Penyakit kanker serviks tidak menyebabkan kemandulan, namun keterlambatan dalam mengetahui kanker serviks dapat menyebabkan kematian pada wanita atau pasien yang menderita.”
     
  3. Apakah keputihan yang berlebihan salah satu ciri dari kanker serviks?
    “Keputihan bukan salah satu ciri dari kanker serviks. Keluhan yang sering ditemukan pada wanita atau pasien yang menderita kanker serviks adalah adanya pendarahan yang rutin setelah hubungan suami istri. Namun keputihan harus segera dilakukan pemeriksaan dokter dan laboratorium untuk mengetahui apakah masih normal atau infeksi.”
     
  4. Apa penyebab wanita bisa terkena kanker serviks?
    “Penyebab wanita terkena kanker serviks adalah terinfeksi virus HPV tipe 16 dan tipe 18.”
     
  5. Bagaimana cara mengantisipasi penyakit kanker serviks?
    “Untuk mencegah infeksi kanker serviks pada wanita dewasa dapat dilakukan dengan memeriksakan secara berkala IVA atau PAPsmear dan DNA HPV bagi yang sudah pernah melakukan hubungan suami istri atau melahirkan. Hindari juga melakukan hubungan seksual berisiko tinggi (multipartner) dan selalu menjaga pola asupan gizi dan pola hidup sehat. Selanjutnya bila hasilnya baik, maka disarankan untuk vaksinasi HPV sesuai dengan anjuran dari dokter kandungan. Sedangkan untuk anak perempuan usia 9-15 tahun juga dapat diberikan imunisasi HPV dari dokter anak. Selain itu, pemberian imunisasi HPV pada anak laki-laki di usia yang sama juga dapat diberikan untuk mencegah infeksi kutil kelamin.”

Anda memiliki pertanyaan lain seputar permasalahan terkait organ kewanitaan? Yuk konsultasikan langsung di RS Rapha Theresia Jambi dengan mendaftar melalui Call Center kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888

Silahkan cek juga informasi jadwal praktik Dokter Spesialis Kandungan & Kebidanan kami di sini.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"