Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Aug 7, 2023

#TanyaRSRapha - Ep.9: Hipertensi Yang Terjadi Pada Usia Muda

#TanyaRSRapha merupakan sebuah serial khusus yang dikemas oleh RS Rapha Theresia Jambi sebagai ruang diskusi dan konsultasi gratis bagi masyarakat Jambi dan sekitarnya untuk bertanya langsung seputar permasalahan kesehatan kepada dokter spesialis kami.

Pada episode yang kesembilan ini, #TanyaRSRapha akan membahas seputar “Hipertensi Yang Terjadi Pada Usia Muda”. Berikut lima pertanyaan terpilih yang dijawab langsung oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr. Pulung Suryanta Tarigan, M.Ked (PD), Sp.PD:

  1. Apakah hipertensi bisa terjadi sejak usia dini? Jika ada, apa saja gejalanya?
    “Ya bisa, hipertensi sendiri dapat terjadi tanpa memandang usia penderitanya. Hipertensi yang paling banyak terjadi adalah hipertensi primer, dengan penyebab yang tidak diketahui secara pasti. Gejala-gejala untuk hipertensi itu sendiri tidak spesifik dan terkadang malah tidak memiliki keluhan.”
     
  2. Apakah penyakit hipertensi merupakan penyakit keturunan?
    “Keluarga yang memiliki riwayat hipertensi, berpotensi menurunkan penyakit tersebut ke anaknya. Faktor lain seperti berat badan berlebih, asupan garam berlebih, merokok, serta kurang berolahraga juga dapat meningkatkan potensi risiko tersebut.”
     
  3. Adakah perbedaan kondisi bagi penderita hipertensi usia muda dengan usia tua?
    “Jika yang dinilai tingkat keparahannya, harus dilihat dari komorbid pasien itu sendiri dan tidak bisa dilihat hanya dari usianya.”
     
  4. Apakah penyebab penyakit hipertensi di usia muda?
    “Hipertensi dapat terjadi di segala rentang usia. Untuk hipertensi primer yang paling banyak terjadi, penyebabnya tidak diketahui secara pasti. Namun untuk hipertensi sekunder penyebabnya dapat diketahui, salah satunya seperti adanya gangguan ginjal.”
     
  5. Apakah stres dapat menyebabkan hipertensi pada usia muda?
    “Ya, gejala tersebut dapat menyebabkan Anda terkena penyakit hipertensi, dan yang paling sering terkena hipertensi primer.”

Anda punya pertanyaan lain seputar hipertensi dan kesehatan organ dalam lainnya? Yuk konsultasikan langsung di RS Rapha Theresia Jambi dengan mendaftar melalui Call Center kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888.

Silahkan cek juga informasi jadwal praktik Dokter Spesialis Penyakit Dalam kami di sini.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"