Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Jan 20, 2024

Gangguan Penglihatan Yang Rentan Dialami Oleh Lansia

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi penglihatan seseorang akan semakin menurun. Jadi tidak heran bila seseorang yang sudah mulai memasuki usia 65 tahun ke atas perlu menggunakan kacamata atau memeriksakan kondisi kesehatan mata secara berkala.

Gangguan penglihatan yang terjadi pada lansia biasanya dapat menyebabkan penderitanya mengalami hambatan dalam melakukan aktivitas kesehariannya. Oleh karena itu kenali beberapa gangguan penglihatan pada lansia yang umum terjadi :

  1. Katarak
    Katarak dapat terjadi akibat proses penuaan atau trauma yang membuat pengidapnya sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari yang dapat membuat penderita mengalami penglihatan kabur, muncul lingkaran cahaya, ketidakmampuan melihat dalam cahaya redup, merasa silau dan memiliki penglihatan ganda.
     
  2. Presbiopi (Gangguan Penglihatan Jarak Dekat)
    Gangguan penglihatan jarak dekat akibat adanya penurunan elastisitas lensa dan fungsi otot bola mata akibat bertambahnya usia. Sehingga menyebabkan penurunan kemampuan melihat jarak dekat, mata lelah atau rasa pegal pada mata dan nyeri kepala yang muncul setelah membaca atau melihat dalam jarak dekat.
     
  3. Mata Kering
    Suatu kondisi saat mata tidak memiliki cukup cairan untuk melumasi mata yang dapat menyebabkan mata menjadi merah, panas, terasa mengganjal seperti berpasir, berair karena terjadinya iritasi, dan mata menjadi sensitif terhadap cahaya.
     
  4. Radang dan Infeksi
    Konjungtivitis (mata merah), Keratitis (peradangan kornea mata) dan Endoftalmitis (peradangan dalam bola mata) merupakan penyakit infeksi mata yang sering dialami oleh lansia. Hal ini dikarenakan adanya gangguan pada saluran pembuangan air mata, kerusakan jaringan serta penurunan kekebalan pada tubuh.
     
  5. Glaukoma
    Glaukoma dapat terjadi karena adanya penyumbatan aliran cairan bola mata sehingga cairan tersebut menumpuk dan mengakibatkan munculnya peningkatan tekanan dalam bola mata yang dapat menyebabkan rusaknya serabut saraf penglihatan.
     
  6. Retinopati (Kerusakan Lapisan Retina)
    Lansia yang memiliki riwayat hipertensi dan kadar gula darah yang tidak terkontrol dapat memicu terjadinya kerusakan pada lapisan retina. Biasanya penderita akan mengalami penglihatan yang kabur, kesulitan membedakan warna, objek melayang atau adanya area hitam pada penglihatan serta gangguan melihat saat malam hari.

Pada lansia yang mengidap diabetes, sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara menyeluruh dalam jangka waktu 1 tahun sekali agar dokter dapat mengetahui apakah ada peningkatan risiko atau tidak.

Selain perlu untuk memeriksakan mata secara rutin, menerapkan pola makan yang sehat, menjaga kebersihan, rajin berolahraga dan beristirahat yang cukup juga direkomendasikan untuk mencegah terjadinya gangguan penglihatan saat hari tua nanti.

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan dokter spesialis mata di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk melakukan pendaftaran dan mendapatkan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"