Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Feb 10, 2024

Gondongan, Pembengkakan Pada Leher Akibat Infeksi Virus

Gondongan atau Mumps merupakan jenis penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus paramyxoviruses atau sekelompok virus yang berhubungan dengan penyakit pernapasan dan penyakit anak-anak umum seperti campak dan gondok. Penyakit ini sering menyerang anak-anak dengan rentang usia 2-14 tahun.

Virus ini dapat menyebar melalui air liur yang terkontaminasi, apabila kamu tidak sengaja menghirup udara dari pengidap gondongan saat bersin atau batuk, maka kamu berisiko besar untuk tertular. Selain itu, virus gondongan juga bisa menular secara tidak langsung melalui media perantara seperti saat kamu menggunakan peralatan makan yang sama dengan pengidap. 

Lalu, apa saja sih gejala dari gondongan? 

Ada beberapa gejala gondongan yang sering dialami oleh pengidapnya yaitu : 

  • Pembengkakan pada area pipi
  • Nyeri saat mengunyah atau menelan makanan
  • Mengalami demam hingga 39°C
  • Mulut menjadi kering dan hilang nafsu makan
  • Sakit kepala, nyeri sendi serta nyeri perut
  • Mudah mengalami kelelahan

Saat terinfeksi gondongan, gejalanya akan muncul sekitar 12–25 hari setelahnya dan ditandai dengan terjadinya pembengkakan pada kelenjar parotis, atau pembengkakan di bawah telinga. 

Jika sudah mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera mengunjungi dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut serta mencegah terjadinya komplikasi.    

Untuk meredakan gejala yang muncul dan bantu mengurangi rasa tidak nyaman saat mengalami gondongan, kamu dapat melakukan hal-hal berikut ini : 

  • Penuhi waktu tidur dengan beristirahat yang cukup
  • Perbanyak konsumsi air putih untuk cukupi cairan tubuh
  • Kompres area yang bengkak guna meredakan rasa sakit
  • Konsumsi makanan lunak agar tidak perlu banyak mengunyah

Lantas, adakah pencegahan yang bisa dilakukan untuk hindari penyakit ini?

Gondongan dapat dicegah dengan memberikan imunisasi MMR pada anak. Pemberian vaksin ini biasa dilakukan saat anak berusia usia 12-18 bulan dan harus diulang sekali lagi ketika anak sudah berusia 6 tahun. Sedangkan bagi orang dewasa yang tidak pernah mendapat vaksin saat kecil, dapat melakukan pencegahan dengan menjaga kebersihan tangan, tidak berbagi peralatan mandi atau makan dengan orang lain, dan memakai masker.

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Anak di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk melakukan pendaftaran dan mendapatkan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"