Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Oct 28, 2023

Apa Hipertensi Bisa Langsung Diketahui Hanya Dengan Sekali Pemeriksaan?

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan yang berhubungan dengan meningkatnya tekanan sirkulasi darah pada dinding pembuluh darah utama arteri.

Pada umumnya hipertensi dapat berkembang seiring berjalannya waktu dan dapat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Menurut hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Kota Jambi tahun 2018, data memperlihatkan terjadinya peningkatan prevalensi hipertensi dari 22,98% pada tahun 2013 menjadi 27,3% pada tahun 2018.

Lalu apakah hipertensi bisa kita ketahui sedini mungkin? Pada kesempatan kali ini, kami mendapatkan pertanyaan dari Bapak Abdul mengenai Hipertensi :

“Apa saja faktor-faktor yang dapat menyebabkan seseorang diduga mengalami darah tinggi?”

Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Rapha Theresia Jambi, dr. Julian Pratama, Sp.PD, salah satu faktor yang disebutkan berasal dari pasien itu sendiri. Ketika datang ke rumah sakit atau klinik, maka harus dipastikan terlebih dahulu kalau pasien tidak cemas atau gelisah, dan tidak merasa nyeri.

Kemudian yang kedua adalah riwayat aktivitas pasien sebelum memeriksakan diri, seperti kebiasaan merokok, mengkonsumsi kopi atau melakukan kegiatan yang berat. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah menjadi tidak stabil dan berubah-ubah. “ketika melakukan aktivitas, kita tensi ulang itu sekitar 30 menit, istirahatkan 30 menit”, ujar dr. Julian. Oleh karena itu sangat penting memperhatikan kebiasaan diri sebelum pemeriksaan.

Selain itu, pada saat pemeriksaan pasien juga akan ditanyakan apakah sedang menahan rasa ingin ke toilet atau tidak karena hal tersebut dapat memicu tekanan darah menjadi naik. Kemudian pakaian yang digunakan pasien juga dapat menjadi salah satu faktor penyebab tekanan darah tinggi “pemakaian baju-baju ketat. Nah baju ketat itu bisa memicu darah tinggi”, ungkap dr. Julian.

Mengkonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menjadi penyebab tekanan darah meningkat. Sehingga pada saat pemeriksaan biasanya pasien akan ditanya langsung apakah sedang mengkonsumsi obat tertentu atau tidak. 

Faktor terakhir yang disebutkan oleh dr. Julian adalah terkait dengan rasa kenyamanan. “pasien harus ditempatkan di ruang nyaman dan kondisi pasien harus tenang, nyaman dan tidak terganggu dengan lingkungan di sekitarnya”

Demikian jawaban yang telah disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam kami, semoga dapat membantu Anda dalam menghadapi masalah ini. Jika Anda ingin mengetahui jadwal praktek Dokter kami, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"