Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Nov 25, 2023

Apa Saja Makanan Yang Harus Dihindari Pengidap Penyakit Jantung?

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit berbahaya yang bisa menyebabkan kematian, serta terbagi ke dalam berbagai jenis, di antaranya Penyakit Jantung Koroner, Penyakit Jantung Bawaan, Infeksi Jantung, Gagal Jantung, dan Aritmia. 

Seseorang yang mengidap penyakit ini perlu melakukan perubahan pola hidup menjadi lebih sehat, salah satunya lewat makanan. 

Pada kesempatan kali ini, kami mendapatkan pertanyaan dari Bapak Beni : 

“Apa saja makanan yang harus dihindari oleh pengidap penyakit jantung?”

Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah di RS Rapha Theresia Jambi, dr. Riski Hanika Syafar menjelaskan ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh pengidap penyakit jantung. 

“Memang ada beberapa makanan yang perlu dihindari pada pasien-pasien dengan penyakit jantung, namun itu tergantung pada kondisi atau komorbid yang menyertai penyakit jantungnya atau yang menjadi faktor risiko untuk penyakit jantung, terutama penyakit jantung koroner”, ucap dokter Riski 

Contohnya pada pasien yang mengalami hipertensi, perlu membatasi makanan yang mengandung garam terlalu tinggi, pasien dengan diabetes mellitus, perlu membatasi makanan yang tinggi gula, kemudian pasien dengan kolesterol, perlu membatasi makanan seperti jeroan, kuning telur, dan seafood. 

Demikian jawaban yang telah disampaikan oleh Dokter Jantung & Pembuluh Darah kami, semoga dapat membantu Anda. Jika Anda ingin mengetahui jadwal praktek Dokter kami, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"