Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Nov 11, 2023

Perbedaan Penyakit Malaria dan Demam Berdarah Dengue

Malaria dan Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh gigitan nyamuk dan biasanya terjadi di daerah beriklim tropis seperti Indonesia. Kedua penyakit ini sama-sama menimbulkan gejala demam pada tubuh. Namun, terdapat beberapa perbedaan juga yang perlu Anda ketahui.

RS Rapha Theresia Jambi kembali membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mengajukan pertanyaan yang akan dijawab langsung oleh Dokter Spesialis kami. Kali ini kami mendapatkan pertanyaan dari Ibu Amel terkait dengan topik penyakit Malaria dan Demam Berdarah Dengue

“Apa bedanya malaria dan demam berdarah dengue?”

Dokter Spesialis Penyakit Dalam kami yaitu dr. Pulung Suryanta Tarigan, M.Ked (PD), Sp.PD menjelaskan bahwa penyakit Malaria dipicu oleh gigitan nyamuk Anopheles Betina dan Demam Berdarah Dengue disebabkan oleh jenis Aedes Aegypti.

“Perbedaan antara Demam Berdarah Dengue dan Malaria. Yang pertama, Malaria ditemukan adanya Plasmo D di dalam darah, sedangkan DBD tidak. Kemudian yang kedua, gejala Malaria biasanya disertai adanya demam, menggigil dan berkeringat. Sementara DBD biasanya adanya gejala demam, nyeri kepala, selera makan hilang, dan mual serta muntah.”

Selanjutnya, Dokter Pulung juga menjelaskan biasanya adanya gangguan seperti anemia atau kekurangan darah pada Malaria, namun tidak ditemukan pada gejala penyakit tersebut pada Demam Berdarah Dengue.

Demikian jawaban yang telah disampaikan oleh Dokter Spesialis Penyakit Dalam kami, semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam mencegah kedua penyakit tersebut. Bila Anda ingin mengetahui informasi dan jadwal praktek Dokter Spesialis Penyakit Dalam kami, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"