Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Feb 17, 2024

Optimalkan Kesehatan Tubuh Dengan Pola Makan Yang Baik

Memiliki tubuh yang sehat tentunya menjadi impian semua orang. Hal tersebut dapat terwujud salah satunya melalui pola makan yang baik, dimana tubuh menerima kebutuhan gizi harian yang seimbang

Asupan gizi dan kalori yang dibutuhkan setiap orang dapat berbeda-beda, tergantung usia, jenis kelamin, gaya hidup, kegiatan fisik, tempat tinggal, dan suhu udara. Pada dasarnya asupan kalori seseorang harus disesuaikan dengan energi yang dikeluarkan oleh tubuh.

Namun, berdasarkan data dari Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) ada 21 juta warga Indonesia yang kekurangan gizi dan 21,6% anak mengalami stunting. Angka tersebut terbilang cukup memprihatinkan, melihat kebutuhan gizi harian pada tubuh harus dicukupi dengan baik.

Untuk mengatasi kekurangan gizi tersebut, Kementerian Kesehatan secara intensif mengirimkan makanan pendamping air susu (MPASI), pemberian makanan tambahan ibu hamil (PMT-Bumil) dan pemberian makanan tambahan anak sekolah (PMT-AS) di beberapa daerah Indonesia. Selain itu, Kemenkes sigap dalam menangani masyarakat yang mengalami gizi buruk, agar dirawat di Puskesmas atau di rujuk ke Rumah Sakit sampai kondisinya membaik.

Selain itu, upaya dalam mengatasi kekurangan gizi bisa di mulai dari penerapan pola makan yang baik. Kira-kira bagaimana ya cara menerapkan pola makan yang sehat bagi masyarakat secara umum? 

Untuk menerapkan pola makan sehat tersebut, ada beberapa hal yang bisa dijadikan kebiasaan baik, yaitu :

  1. Jangan melewatkan sarapan
    Sarapan paling penting dilakukan agar tubuh lebih berenergi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, dengan sarapan dapat menstimulasi otak untuk bekerja lebih baik, sehingga bisa lebih fokus saat bekerja
     
  2. Selalu mengonsumsi buah dan sayuran
    Buah dan sayuran memiliki serat dan vitamin yang baik untuk tubuh, maka dari itu sebaiknya kamu konsumsi 5 porsi sayuran dan buah setiap harinya.
     
  3. Memenuhi cairan tubuh 
    Dengan minum air putih 8 gelas setiap harinya, agar tubuh terhindar dari dehidrasi dan mendukung kerja organ menjadi lebih optimal.
     
  4. Menentukan porsi makan
    Saat tubuh merasa lapar, keinginan untuk makan dalam porsi yang besar juga semakin tinggi, hal itu dapat meningkatkan asupan kalori pada tubuh. Maka dari itu hindari menunda makan saat merasa lapar.
     
  5. Makan tepat waktu
    Berikan jeda antara waktu makan supaya proses metabolisme dalam tubuh bisa bekerja lebih lancar serta hindari makan terlalu banyak pada malam hari terlebih sebelum waktu tidur.

Ternyata kebiasaan makan secara teratur juga dapat membantu tubuh mengontrol kolesterol dan menurunkan risiko obesitas loh. Maka dari itu, selalu seimbangkan jenis makanan, porsi dan waktu makanmu ya! Untuk mengetahui jumlah asupan kalori yang dibutuhkan, kamu bisa berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik agar mendapat hasil yang tepat.

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Gizi Klinik di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"