Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Jul 23, 2024

Dampak Rakitis Pada Pertumbuhan Anak

Rakitis atau rickets adalah kelainan pertumbuhan tulang pada anak. Kondisi ini disebabkan oleh kekurangan vitamin D yang memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang karena membantu penyerapan kalsium dan fosfat dari makanan.

Kekurangan vitamin D dapat membuat tubuh sulit untuk mempertahankan kadar kalsium dan fosfat yang terjadi dan ketika hal itu terjadi, tubuh akan memproduksi hormon yang menyebabkan kalsium dan fosfat dikeluarkan dari tulang.

Penyakit ini bisa terlihat langsung dari bentuk fisik, misalnya kaki yang melengkung dan dahi yang menonjol. Ada juga salah satu ciri khasnya seperti tulang menjadi lemah dan mudah bengkok, terutama pada tulang belakang serta tulang dada.

Faktor Risiko dan Penyebab Rakitis

Rakitis umum terjadi pada anak-anak yang berusia 6 bulan - 3 tahun karena struktur tulangnya masih mengalami proses pertumbuhan. Selain itu, ada beberapa faktor risiko lainnya sebagai berikut :

  1. Memiliki kulit gelap, karena tidak dapat menyerap vitamin D dari sinar matahari
  2. Terlahir prematur & tidak mendapatkan ASI eksklusif
  3. Tinggal di daerah yang kurang sinar matahari
  4. Terpapar obat-obatan, seperti obat anti kejang dan antivirus

Kekurangan vitamin D dapat terjadi karena kurangnya paparan sinar matahari, asupan makanan yang mengandung vitamin D atau gangguan penyerapan vitamin D seperti, Cystic fibrosis, penyakit celiac, penyakit ginjal, dan radang usus.

Gejala Rakitis Pada Anak 

Ada beberapa gejala saat anak alami rakitis, antara lain :

  1. Nyeri pada tulang belakang, tulang tungkai dan tulang panggul
  2. Kelainan tulang, misalnya kaki bengkok, kaki X, kaki O, atau skoliosis
  3. Tubuh yang pendek akibat pertumbuhan tinggi badan yang terhambat
  4. Mudah alami patah tulang akibat tulang yang rapuh
  5. Kelainan gigi, pertumbuhan yang lambat dan gigi mudah berlubang
  6. Kelainan bentuk tulang dada atau tengkorak

Anak yang mengalami rakitis, biasanya juga mengalami gangguan tumbuh kembang, hingga kekurangan kadar kalsium dalam darah (hipokalsemia), yang menyebabkan gejala rakitis semakin memburuk dan menimbulkan keluhan berupa kram otot dan kesemutan di tungkai. 

Cara Menangani Rakitis Dengan Tepat 

Pengobatan rakitis bertujuan untuk meningkatkan kadar vitamin D dalam tubuh anak dan meredakan gejala. Maka dari itu, ada beberapa upaya yang dapat dilakukan seperti :

  1. Berjemur di bawah sinar matahari secara rutin 10-15 menit sebelum jam 10 pagi
  2. Memberikan anak makanan kaya kalsium dan vitamin D seperti ikan dan telur
  3. Memberikan suplemen kalsium dan vitamin D jika perlu

Untuk pemberian suplemen vitamin D, sebaiknya disesuaikan dengan saran dokter, karena kebutuhan vitamin D harian setiap anak bisa berbeda-beda. Apabila rakitis telah menyebabkan kelainan tulang, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"