Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Jun 29, 2024

Mengenal Masa Subur Wanita dan Cara Menghitungnya

Masa subur wanita termasuk masa yang sangat penting, apalagi bagi kamu yang ingin memiliki anak, karena dengan mengetahui masa suburmu, hubungan intim yang dilakukan lebih memungkinkan untuk terjadinya pembuahan sehingga peluangnya terjadi kehamilan lebih besar.

Untuk mengetahui masa subur dimulai, kamu perlu mengetahui kapan masa haid mu dimulai, karena saat menstruasi sel telur akan kembali berkembang dalam ovarium dan saat sel telur sudah matang ovarium akan melepaskan sel telur tersebut, proses tersebut yang disebut dengan ovulasi.

Proses ovulasi terjadi sekitar 12-14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Jika siklus menstruasi termasuk singkat, maka ovulasi bisa terjadi hanya beberapa hari setelah menstruasi berakhir.

Lalu bagaimana ya cara menghitung masa subur wanita?

Menghitung masa subur wanita

Ada rumus yang bisa kamu lakukan untuk menghitung masa subur wanita yaitu :

  • Ketahui siklus menstruasi terpendek lalu dikurangi dengan 18
    Misalnya siklus terpendek adalah 26 hari dikurangi 18 yaitu 8 maka hari tersebut adalah hari subur pertama
  • Ketahui siklus terpanjang kamu lalu kurangi dengan 11
    Misalnya siklus terpanjang adalah 32 hari dikurangi 11 yaitu 21 maka hari tersebut adalah hari subur terakhir.

Tanda-Tanda Masa Subur Wanita

Selain menghitungnya, kamu juga bisa mengamati tanda-tanda masa subur dengan gejala adanya ini :

  1. Meningkatnya suhu basal tubuh
    Suhu basal adalah suhu saat kamu bangun di pagi hari, namun kemungkinan suhu tubuh akan meningkat saat dalam masa ovulasi.
  2. Nyeri akibat ovulasi
    Rasa sakit akibat nyeri dapat terjadi, sebelum, selama, atau setelah masa subur pada wanita, biasanya menimbulkan rasa keram dan sakit.
  3. Perubahan pada air liur
    Air liur wanita dipercaya dapat berubah sesuai jumlah hormon estrogen, maka selama menstruasi akan terjadi peningkatan.
  4. Muncul lendir serviks
    Lendir ini merupakan sekresi yang dibuat oleh kelenjar di leher rahim, pada masa subur lendir tersebut akan berwarna bening, licin dan elastis.
  5. Merasa bergairah
    Saat masa subur, kamu akan merasa lebih bergairah untuk berhubungan intim. Selain itu dirimu akan terlihat lebih menarik bagi pasangan.

Untuk meningkatkan kesuburan, kamu dapat menerapkan gaya hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi, menjaga berat badan, rutin berolahraga serta hindari stres berlebih.

Selain itu, pastikan kamu menjaga hidrasi tubuh dengan rutin minum air putih ya dan jika mengalami masalah selama menstruasi, segera konsultasikan ke Dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan & Kebidanan di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"