Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Sep 18, 2022

#TanyaRSRapha - Ep. 2: Permasalahan Gizi dan Daya Tahan Tubuh

Melalui serial #TanyaRSRapha, RS Rapha Theresia Jambi kembali membuka ruang diskusi dan kesempatan konsultasi gratis kepada masyarakat Jambi dan sekitarnya. Di episodenya yang kedua, #TanyaRSRapha mengangkat topik seputar “Permasalahan Gizi dan Daya Tahan Tubuh”.

Berikut lima pertanyaan paling menarik yang dijawab langsung oleh Dokter Spesialis Gizi, dr. Linda Artanti, Sp.GK, SH., MHkes., AIFO-K:

  1. Makanan seperti apa yang dapat meningkatkan imunitas anak di masa pandemi?
    “Untuk meningkatkan imunitas anak, perlu diperhatikan agar anak Anda mengonsumsi makanan yang tepat komposisi, antara lain karbohidrat, lemak, protein, dan mikronutrien. Perlu Anda ketahui bahwa setiap anak akan berbeda kebutuhan kalorinya dan kebutuhan komposisinya, jadi kita perlu lihat masing-masing anak.”
     
  2. Bagaimana cara meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi ini?
    “Ada berbagai cara yang dapat sahabat RS Rapha lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi. Dimulai dengan rutin mengonsumsi makanan yang sehat & bergizi, banyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan, beristirahat yang cukup, meminum air putih yang cukup, berolahraga secara teratur, serta tidak lupa untuk selalu berpikir positif.”
     
  3. Apakah anak dengan kondisi fisik yang kurus sudah dipastikan kekurangan gizi?
    “Anak dengan postur tubuh yang kurus belum tentu mengalami kekurangan gizi. Untuk memastikannya perlu dilakukan analisa lebih lanjut dengan melakukan plot ke grafik pertumbuhan dan perlu dilihat juga beberapa faktor lain yang mempengaruhinya.”
     
  4. Bagaimana cara melakukan diet sehat untuk memperkuat imun dan daya tahan tubuh di masa pandemi Covid-19?
    “Diet sehat dapat Anda lakukan dengan cara makan secara teratur, namun perlu diperhatikan agar selalu tepat secara porsi dan komposisi. Selain itu Anda juga perlu membatasi penggunaan lemak, minyak, dan juga santan dalam makanan yang akan Anda konsumsi”
     
  5. Bagaimana cara mengatasi stunting pada anak dan upaya pencegahannya?
    “Untuk dapat mengatasi stunting perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu dan dilihat juga beberapa faktor yang mempengaruhinya. Sedangkan untuk cara mencegahnya adalah dengan memastikan anak Anda mendapatkan asupan kalori, protein, serta mikronutrien yang cukup.”

Konten #TanyaRSRapha ini akan rutin diadakan sebulan sekali di akun Instagram @rsraphajambi. Untuk dapat berpartisipasi, syaratnya pun terbilang mudah. Hanya dengan follow akun @rsraphajambi di Instagram, masyarakat akan secara otomatis berkesempatan untuk dapat berkonsultasi gratis dengan dokter-dokter umum dan juga spesialis dari RS Rapha Theresia Jambi.

Silakan cek informasi jadwal praktik Dokter Spesialis Gizi kami di sini. Selain itu Anda juga dapat menghubungi customer service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"