Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Nov 18, 2023

Penyebab Anak Tidak Mau Bergaul Dan Sering Tantrum

Setiap individu tentunya memiliki kepribadian yang berbeda-beda, termasuk pada anak-anak yang masih berada pada tahap awal perkembangan sosial, emosional dan bahasa.

Oleh karena itu, ada saat-saat tertentu ketika anak mengalami tantrum karena mereka belum bisa mengkomunikasikan kebutuhan dan perasaannya sehingga membuatnya menjadi frustasi

Pada kesempatan ini, RS Rapha Theresia Jambi membuka kesempatan untuk bertanya tentang interaksi dan sifat anak melalui pertanyaan dari Bapak Ignasius :

“Putra saya tidak memiliki teman laki-laki dan sering sekali tantrum. Apa yang sebaiknya saya lakukan?”

Menurut Psikolog Anak RS Rapha Theresia Jambi, Pak Edward Andriyanto Soetardhio, S.Psi, M.Psi., Psikolog, interaksi antara ayah dan anak menjadi salah satu yang perlu dilakukan, sehingga peran ayah disini cukup penting sebagai figur yang dekat dengan Si Kecil. Selain itu, solusi alternatif yang dapat dilakukan agar anak dapat bersosialisasi yaitu dengan memasukkannya ke dalam sanggar atau kursus-kursus keterampilan agar mereka dapat berinteraksi bersama-sama. 

Terkait dengan tantrum yang biasa dilakukan oleh anak, orang tua perlu memberikan nasehat kepada anak bahwa hal tersebut salah dan sebaiknya tidak dilakukan. "Bukan hal yang bisa diijinkan, jadi yang mereka harus terima adalah tahu bahwa itu adalah salah", ujar Pak Ewa. Dengan mengetahui kalau perilakunya itu salah, diharapkan anak tahu dan tidak akan mengulangi perbuatan yang sama lagi.

"Kita bisa tidak merespon, bisa tidak memarahi, tapi juga tidak menanggapi agar anak tahu apa yang benar. Kita harus membantu mereka untuk mengenali sikap apa yang seharusnya dia tampilkan", ucap Pak Ewa. Kemudian menurut beliau, hal yang paling sulit dilakukan oleh para orang tua adalah konsisten. Saat menghadapi anak yang tantrum, orang tua harus bisa memberikan respon yang sama sehingga membuat anak menjadi sadar kalau perilaku tersebut adalah hal yang salah.

Demikian jawaban yang telah disampaikan oleh Psikolog Anak kami, semoga dapat membantu Anda dalam menghadapi masalah ini. Jika Anda ingin mengetahui jadwal praktek Dokter kami, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"