Cari Dokter:

(0741) 3620 888


WhatsApp 0811 7813 888

Emergency Call

Panggilan Darurat
(0741) 3620 118

Artikel | Mar 9, 2024

Ragam Metode Persalinan Bagi Ibu Hamil

Momen menjelang persalinan, biasanya Bumil akan mengikuti arahan dari Dokter Spesialis Kandungan terkait metode persalinan yang akan dilakukan, namun bagi Bumil yang tidak memiliki riwayat penyakit tertentu, ada beberapa metode persalinan yang bisa dilakukan loh. Kira-kira apa saja ya pilihannya?

Ada beberapa metode persalinan yang dapat dilakukan Bumil menjelang melahirkan, yaitu : 

  1. Normal 
    Metode ini terbagi menjadi tiga fase penting, yaitu fase laten (awal), fase aktif dan fase transisi. Selama proses persalinan ini Bumil harus bisa mengatur napas dengan baik untuk melancarkan proses mengejan saat mengeluarkan bayi.
     
  2. Operasi Caesar 
    Pada jenis persalinan ini, dokter akan membuat sayatan di bagian perut sampai rahim yang bertujuan untuk mengeluarkan bayi dari dalam rahim. Untuk melakukan operasi ini, biasanya Bumil harus mendapatkan rekomendasi dari dokter sesuai dengan kondisi masing-masing.
     
  3. ERACS (Enhanced Recovery After Caesarean Surgery)
    Metode ini merupakan salah satu jenis persalinan operasi yang paling popular akhir-akhir ini. Persalinan jenis ini dapat mempercepat penyembuhan sehingga tidak perlu menjalani perawatan di rumah sakit dalam jangka waktu yang lama.
     
  4. Home Birth
    Sesuai dengan namanya, metode persalinan ini dilakukan di rumah. Namun, Bumil tetap perlu didampingi oleh dokter atau bidan agar keselamatan ibu dan bayi tetap terjamin. Perlu diingat, persalinan ini dapat dilakukan di rumah ketika sudah mendapatkan persetujuan dari dokter
     
  5. Water Birth
    Metode persalinan ini dianggap dapat mempermudah proses persalinan. Hal ini dikarenakan Bumil akan berendam di dalam kolam buatan yang berisi air bersih dan hangat yang dapat meredakan rasa sakit akibat kontraksi.
     
  6. Gentle Birth 
    Metode ini meyakini bahwa bayi bisa mencari jalan keluarnya sendiri. Peran Ibu hanya membantu bayi menemukan jalan keluar tanpa perlu dipaksa. Pada jenis ini, Ibu tidak perlu tidur untuk melahirkan namun bisa berdiri, jongkok ataupun setengah jongkok sesuai dengan kenyamanan Ibu.
     
  7. Hypnobirthing
    Jenis persalinan ini melatih calon ibu untuk meraih tahap relaksasi total selama proses persalinan berlangsung. Pelatih profesional akan mengajarkan latihan hipnotis yang membantu Bumil menekan rasa sakit dan stres dari proses persalinan. Selain itu, Bumil juga bisa menggunakan bantuan musik atau video untuk membuat tubuh lebih rileks.
     
  8. Lotus Birth
    Metode persalinan ini terbilang cukup unik karena membiarkan plasenta dan tali pusat bayi tetap menempel sampai terlepas dengan sendirinya. Hal ini dilakukan karena dianggap dapat membantu bayi beradaptasi saat lahir.

Apapun metode persalinan yang akan dipilih, Bumil tetap harus berkonsultasi dengan Dokter Spesialis ya, terlebih pada Bumil yang memiliki riwayat penyakit tertentu agar keselamatan Ibu dan Bayi tetap terjaga

Jika Anda ingin berkonsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan & Kebidanan di RS Rapha Theresia Jambi, silakan hubungi Customer Service kami di (0741) 3620 888 atau melalui WhatsApp di (0811) 7813 888 untuk pendaftaran dan informasi selengkapnya.


Punya pertanyaan seputar Layanan dan Fasilitas RS Rapha Theresia Jambi? Yuk tinggalkan pesan di kolom komentar untuk ditanggapi tim dokter kami!


Berita Lainnya

Tentang Kami

Solusi kesehatan masyarakat Jambi yang memprioritaskan keselamatan pasien melalui pelayanan EMPATIK dan berkualitas tinggi

Lebih Lanjut
="WhatsApp"